Kamis, 24 April 2014 RSS Feed Videos Photos ePaper English Version

BISNIS INDONESIA HARI INI: Perubahan bisnis inti, Tambang Jadi Primadona

Editor   -   Rabu, 27 Februari 2013, 05:50 WIB

BERITA TERKAIT

JAKARTA:  Koran Bisnis Indonesia edisi hari ini, Rabu  27 Februari 2013 sudah kami hantarkan kepada pembaca yang terhormat?  Namun demikian,  Anda masih bisa menyimak versi  e-paper atau digital koran tersebut di alamat link http://epaper.bisnis.com/.

Untuk menambah kenyamanan dalam menyimak sajian e-paper Bisnis Indonesia, silakan melakukan registrasi atau berlangganan di http://epaper.bisnis.com/index.php/Home

Berikut ini cuplikan sajian informasi koran Bisnis Indonesia edisi Rabu 27 Februari 2013.

Hal 1
PERUBAHAN BISNIS INTI ; Tambang Jadi Primadona 
Tren perubahan bisnis inti pada sejumlah emiten di Bursa Efek Indonesia yang mulai menggejala sejak tahun lalu berlanjut pada tahun ini.
  
Ada Apa di Balik Kawin Cerai Bakrie–Rothschild? 
PERSPEKTIF
Hasan Zein Mahmud
Tim Ekselensi Learning Center dan Staf Pengajar pada KWIK KIAN GIE School of Business 
Dalam kacamata saya se bagai seorang investor di bursa saham, Grup Usaha Bakrie menonjol dalam dua hal. Pertama, maniak dalam menarik utang. Kedua, tidak transparan dalam tata kelola. 
 
INKLUSI FINANSIAL ; ‘Bunga Tinggi untuk Kredit Mikro Cukup Beralasan’ 
Inklusi finansial dinilai sebagai salah satu upaya untuk men dorong pemerataan kesempatan bagi masyarakat kelas ekonomi bawah. Cara yang dilakukan adalah de - ngan memperbesar cakupan layanan industri finansial ke pada golongan masyarakat tersebut dengan berbagai cara 
 
Hal 2 (Opini)
KAOS POLITIK ; Berdampak ke Sektor Ekonomi? 
Effnu Subiyanto
Pendiri Forkep, mahasiswa doktor ekonomi Unair 
Gegap gempita politik terpanas dunia barangkali hanya terjadi di Indonesia. Magnitude politik Indonesia begitu kuat sehingga memberikan dampak kepada sektor lain. 
 
Hal 3
APBN 2013 ; Pemerintah Kaji Kesehatan Fiskal 
Pemerintah masih mengkaji asumsi makroekonomi dan kesehatan fiskal sebagai parameter apakah pengajuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2013 perlu dipercepat atau tidak. 
 
Hal 4
PEMILIHAN UMUM ITALIA ; Pasar Cemaskan Hasil Pemilu 
Hasil pemilihan umum (pemilu) Italia menjadi kekhawatiran baru bagi pasar karena mencerminkan penolakan rakyat Italia atas kebijakan pengetatan anggaran yang diperlukan untuk mengatasi krisis utang. 
 
Hal 5
KOTA BARU ; Diperlukan Lembaga Lintas Sektoral 
Lembaga Pengkajian Pengembangan Perumahan dan Perkotaan Indonesia menilai realisasi program pembangunan 24 kota baru dari Kementerian Perumahan Rakyat membutuhkan satu lembaga khusus karena lintas sektoral. 
 
Hal 6
KISRUH IZIN FSRU BANTEN ; Wamen ESDM Klaim Tidak Terlibat 
Pemberian izin bagi pembangunan FSRU (Floating Storage Regasification Unit) Banten terus bergulir. Sejumlah kalangan sebelumnya telah mempersoalkan pendirian terminal itu, bahkan pendirian FSRU itu disebutsebut tidak ada dalam roadmap pembangunan infrastruktur gas.
 
Hal 8
APBD DKI ; SKPD Diminta Fokus Program Prioritas 
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meminta satuan kerja perangkat daerah dan wali kota segera menggunakan dana APBD yang sudah cair untuk merealisasikan program prioritas.
 
 
Hal 09
KETENAGAKERJAAN ; Jabar Siap Serap 2 Juta Tenaga Kerja 
Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan penyerapan 2 juta tenaga kerja dengan mengandalkan realisasi penanaman modal dalam negeri 2013 yang dipatok sebesar Rp3 triliun. 
 
Hal 10
Billy Dahlan ; Kedepankan Kultur 
Meskipun sempat diremehkan ketika pertama kali membangun Hotel Dafam pada 2009, semangat Billy Dahlan tak surut. Dalam 3 tahun, chief executive officer ini bersama keluarga dan tim kerjanya telah memiliki empat hotel serta mengelola sembilan hotel lainnya. Terjun ke dunia hotel baginya adalah kekeliruan yang membawa sukses. Bagaimana kiprah CEO muda ini membangun bisnis properti, Bisnis mewawancarainya barubaru ini. 
 
Hal 11
AKUISISI SAHAM ; Indika Tak Langgar Undang-Undang 
Akuisisi saham PT Multi Tambangjaya Utama oleh PT Indika Indonesia Resources berjalan mulus, setelah Komisi Pengawas Persaingan Usaha menyimpulkan aksi korporasi itu tidak melanggar Undang- Undang. 
 
Hal 12
POLEMIK CENTURY ; Timwas DPR Enggan Kaitkan Anas 
Tim Pengawas (Timwas) Century DPR tak akan memanggil Anas Urbaningrum sebagai narasumber terkait dengan pengusutan kasus itu. 
 
Hal 13
BACKDOOR LISTING FUNDAMENTAL RESOURCES ; Harga Wajar Indo Bara Rp5,08 Triliun 
Nilai akuisisi PT Indo Wana Bara Mining Coal oleh emiten batu bara PT Perdana Karya Perkasa Tbk sebesar Rp5,06 triliun dinilai wajar karena masih di kisaran nilai pasar wajar Rp5,08 triliun. 
 
Hal 14
EMISI SUN ; Yield Tak Kompetitif, Investor Kabur 
Tingkat imbal hasil obligasi acuan pemerintah yang tak lagi kompetitif memicu investor asing lari ke pasar sekunder dan melemahkan permintaan investor hingga 35,82% pada hasil lelang 26 Februari 2013. 
 
Hal 15
KINERJA PT ASTRA INTERNATIONAL TBK ; Melaju di Tengah Kemacetan 
Ungkapan ‘I hate Monday’ karena padatnya rutinitas dan kemacetan berlalu lintas tak lagi ngetop.
 
HAL 16
INKLUSI FINANSIAL;Butuh Regulasi yang Matang 
Implementasi inklusi finansial membutuhkan regulasi yang matang untuk melindungi kepentingan nasabah sekaligus industri agar im plementasi program tersebut bisa berjalan dengan baik. 
 
HAL 17
PORTOFOLIO INVESTASI;Asei Perbesar Deposito 
Asei memperbesar penempatan investasi pada deposito menjadi 65% dari total dana investasi Rp870 miliar, naik dibandingkan dengan 45% pada tahun lalu. 
 
HAL 18
PERBANKAN SYARIAH DI JATENG;Kredit Tumbuh 31% pada 2012 
Pembiayaan yang disalurkan oleh perbankan syariah di wilayah Jawa Tengah mencapai Rp8,53 triliun per akhir tahun lalu, tumbuh 31,23% dibandingkan dengan posisi pada setahun sebelumnya.
 
HAL 24
PERDAGANGAN BERJANGKA;Transaksi Multilateral Ditarget Capai 30% 
Otoritas perdagangan berjangka menyiapkan langkah untuk men dorong perdagangan kontrak berjangka yang melibatkan banyak pihak (multilateral) agar mencapai 30% total transaksi di bursa berjangka. 
 
HAL 25
EKSPANSI TERIGU;Sriboga Gandeng Mitsubishi 
PT Sriboga Ratu Raya menggandeng Mit subishi Corporation untuk berekspansi di usaha tepung terigu dengan nilai investasi US$26 juta atau Rp252 miliar, seiring dengan peningkatan pasar domestik dan permintaan ekspor. 
 
HAL 26
KEBUTUHAN DAGING SAPI;Butuh Industri Hulu yang Kuat Menuju Swasembada 
Kasus pengadaan impor daging telah menelan korban. Sejumlah petinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Kini kasus impor daging masih terus bergulir.
  
HAL 27
PASAR MOBILE PAYMENT;Blackberry Sodorkan BBM Money 
Blackberry mengembangkan layanan pembayaran mobile BBM Money yang terintegrasi ke aplikasi Blackberry Messenger alias BBM.
  
HAL 28
MAKASSAR NEW PORT;Pelindo IV Target Digarap 2013 
PT Pelabuhan Indonesia IV akan mulai membangun proyek Makassar New Port senilai Rp7,5 triliun pada tahun ini untuk meningkatkan kapasitas arus peti kemas di wilayah Indonesia timur. 
 
HAL 29
BANDARA KUALA NAMU MOLOR;Potensi Kerugian Railink Capai Rp48 Miliar 
PT Railink, anak usaha PT Kereta Api Indonesia dan PT Angkasa Pura II, menyatakan potensi kerugian akibat pengunduran jadwal operasional Bandara Kuala Namu Medan mencapai Rp48 miliar.
  
HAL 30
PERLINDUNGAN TKI;Pemerintah Usulkan Sanksi Pidana 
Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengusulkan pemberian sanksi pidana bagi pelaku usaha yang melanggar penempatan tenaga kerja Indonesia ke luar negeri dalam revisi UU No. 39/2004.
  
HAL 31
INDUSTRI FESYEN;Batik Tulis Sugeng Berani Beda 
Sugeng Waskito memang bukan seorang desainer asli. Namun profesinya sebagai pengajar model selama 16 tahun di D.I. Yogyakarta akhirnya mampu melambungkan namanya dalam kancah industri fesyen.
 
HAL 32
PASAR MPV;Penjualan Innova Tumbuh 57,9% 
Kijang Innova memperlihatkan performa terbaiknya dengan menguasai 83,6% pasar kendaraan serbaguna (multi purpose vehicle) medium dengan penjualan 7.383 unit selama Januari 2013.
 
(faa)
 

Source : Priyo Susilo & Fahmi Achmad

Editor : Fahmi Achmad

Berlangganan Epaper Bisnis Indonesia Cuma Rp10 Juta Seumur Hidup, Mau? Klik disini!
 

Bisnis Indonesia Writing Contest berhadiah utama Mobil Daihatsu Ayla mulai menayangkan tulisan peserta 1 April 2014. Ayo “Vote & Share” sebanyak-banyaknya DI SINI.

Layak Disimak

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.