Navigasi Bisnis Terpercaya

Kamis 30 Maret 2017

BISNIS INDONESIA edisi cetak Senin, 29 April 2013

Endot Brilliantono Senin, 29/04/2013 02:15 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA - Berikut ini adalah ringkasan headlines BISNIS INDONESIA edisi cetak Senin, 29 April 2013. Untuk menyimak lebih lanjut, silahkan kunjungiwww.epaper.bisnis.com.

Seksi Utama 

Hal 1

2 HARGA BBM : Masalah Baru Mengancam 

Apabila jadi, pada Mei pemerintah akan memberlakukan dua harga untuk bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Namun sejumlah masalah baru akan menghadang opsi itu.

 

PERGERAKAN BURSA : IHSG Dibayangi Tekanan 

Seiring dengan kurang memuaskannya laporan keuangan kuartal I/2013 dan rencana kenaikan harga bahan bakar, indeks harga saham gabungan (IHSG) pada Mei diprediksi cenderung mengalami tekanan. 

PERSPEKTIF : Harga BBM dan Ledakan Politik

Ahmad Erani Yustika, 

Guru Besar Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Brawijaya & Direktur Eksekutif Indef

Pemerintahan yang efektif kerap kali diukur dari kesigapan mengambil kebijakan dan keterampilan menjalankannya di lapangan. Pemerintah mesti gesit mengambil keputusan, sebab mereka menjadi pemandu tiap kali muncul masalah. 

Hal 2

BBM BERSUBSIDI : Menyoal Kebijakan Dua Harga 

Irwan Wisanggeni, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti. 

Tampaknya pemerintah sedang dirundung keraguan untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Namun kelangkaan BBM sudah terjadi pada tingkat akar rumput. 

Hal 3

ROYALTI BATU BARA : Tarif non-PKP2B Disesuaikan 

Pemerintah akan menyesuaikan tingkat royalti yang harus disetor oleh perusahaan pemegang izin usaha pertambangan (IUP) batu bara atau nonperjanjian karya peng usahaan pertambang an batu bara (PKP2B) karena dinilai kurang adil.  

Hal 4

PEREKONOMIAN AS : PDB di Bawah Ekspektasi

Perekonomian Amerika Serikat tumbuh kurang dari estimasi pada kuartal I/2013, dipicu oleh penurunan belanja pemerintah, termasuk belanja pertahanan. 

Hal 5

Iklan Laporan Keuangan 

Hal 6 - 7

Iklan 

Hal 8

PROYEK MRT : Sistem Pembayaran Langsung Dikaji 

Japan International Cooperation Agency (JICA) menyiapkan dana Rp5,2 triliun untuk pelaksanaan proyek MRT Jakarta tahap pertama. 

Hal 9

REGULASI IMPOR : Teh Jabar Kian Tertekan 

Produksi teh lokal di Jawa Barat semakin tertekan akibat regulasi impor yang menyebabkan harga lebih murah. 

Hal 10

Iklan Laporan Keuangan 

Hal 11

PEMOHON PILIH KASASI : Kasus Pailit Bakrie Swasakti Berlanjut ke MA 

Perselisihan antara RH Soetomo (pemohon pailit) dan PT Bakrie Swasakti Utama (BSU) bakal berlanjut ke jenjang yang lebih tinggi ke Mahkamah Agung karena pemohon palit terhadap perusahaan properti itu tidak menerima putusan pengadilan. 

Hal 12

POLEMIK EKSEKUSI : ICW Sebut Susno Layak Masuk DPO 

Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Kejaksaan Agung memasukkan mantan Kabareskrim, Komjen Pol (pur) Susno Duadji, dalam daftar pencarian orang (DPO). 

 

More From Makro Ekonomi

  • Ambisi Tito Lampaui Aset Perbankan

    13:34 WIB

    "Hidup itu harus ada target. Setelah tembus Rp6.000 triliun, kami harap market cap bisa melampaui aset perbankan," ucap Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Tito Sulistio, Kamis (23/3).

  • PPRO Garap Kertajati

    13:28 WIB

    PT PP Properti Tbk. melalui kerja sama dengan PT BIJB Aerocity Development akan mengembangkan kawasan bisnis seluas 300 hektare di kawasan Bandar Udara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat

  • Bisnis Indonesia Edisi Cetak Senin, 27 Maret 2017 Seksi Market

    01:48 WIB

    Berikut ini adalah ringkasan headlines BISNIS INDONESIA edisi cetak Senin, 27 Maret 2017. Untuk menyimak lebih lanjut, silahkan kunjungi http://epaper.bisnis.com/

  • Berlomba Rilis Produk Anyar

    08:52 WIB

    Industri reksa dana yang bergairah membuat sejumlah manajer investasi percaya diri menerbitkan produk anyar. Sepanjang pekan ini saja, ada tiga produk reksa dana terbuka yang meluncur ke pasar

News Feed

  • Gubernur BI Siap Bersaksi

    Rabu, 29 Maret 2017 - 16:42 WIB

    Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardoo dijadwalkan hadir dalam persidangan kasus korupsi pengadaan KTP elektronik, Kamis (30/3), dalam kapasitasnya sebagai saksi terhadap terdakwa Irman dan Sugoharto, mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri.

  • Asia Paper Diberi Tenggat 45 Hari

    Rabu, 29 Maret 2017 - 14:05 WIB

    Masa penundaan kewajiban pembayaran utang PT Asia Paper Mills akhirnya disepakati selama 45 hari, jauh dari harapan perseroan selaku debitur, yang mengajukan perpanjangan waktu 180 hari.

  • RI Bersiap Hadapi AS

    Rabu, 29 Maret 2017 - 12:11 WIB

    Indonesia bersiap menghadapi tudingan dumping dan subsidi dari Amerika Serikat atas produk biodiesel Tanah Air, setelah sebelumnya Uni Eropa menyampaikan tuduhan serupa

  • “Koperasi Bisa Menjadi Kekuatan Dahsyat”

    Rabu, 29 Maret 2017 - 11:52 WIB

    Pemerintah sejak awal sepakat menjadikan koperasi dan usaha kecil menengah (UKM) sebagai salah satu tulang punggung pertumbuhan ekonomi, dan berupaya terus menumbuhkan pelaku usahanya dengan berbagai kebijakan. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Koperasi dan UKM menjelaskan upaya yang selama ini dilakukan pemerintah untuk koperasi dan UKM. Berikut ini petikan wawancaranya.

  • KKP Bidik Pemilik Kapal Jumbo

    Rabu, 29 Maret 2017 - 10:02 WIB

    Kementerian Kelautan dan Perikanan membidik perusahaan-perusahaan yang menjadi pemilik 16.000 kapal perikanan di atas 30 gros ton lulus sertifikasi hak asasi manusia sebagai parameter penilaian perpanjangan izin usaha.

Load More