Navigasi Bisnis Terpercaya

Selasa 27 September 2016

BISNIS INDONESIA edisi cetak Senin, 29 April 2013

Endot Brilliantono Senin, 29/04/2013 02:15 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA - Berikut ini adalah ringkasan headlines BISNIS INDONESIA edisi cetak Senin, 29 April 2013. Untuk menyimak lebih lanjut, silahkan kunjungiwww.epaper.bisnis.com.

Seksi Utama 

Hal 1

2 HARGA BBM : Masalah Baru Mengancam 

Apabila jadi, pada Mei pemerintah akan memberlakukan dua harga untuk bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Namun sejumlah masalah baru akan menghadang opsi itu.

 

PERGERAKAN BURSA : IHSG Dibayangi Tekanan 

Seiring dengan kurang memuaskannya laporan keuangan kuartal I/2013 dan rencana kenaikan harga bahan bakar, indeks harga saham gabungan (IHSG) pada Mei diprediksi cenderung mengalami tekanan. 

PERSPEKTIF : Harga BBM dan Ledakan Politik

Ahmad Erani Yustika, 

Guru Besar Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Brawijaya & Direktur Eksekutif Indef

Pemerintahan yang efektif kerap kali diukur dari kesigapan mengambil kebijakan dan keterampilan menjalankannya di lapangan. Pemerintah mesti gesit mengambil keputusan, sebab mereka menjadi pemandu tiap kali muncul masalah. 

Hal 2

BBM BERSUBSIDI : Menyoal Kebijakan Dua Harga 

Irwan Wisanggeni, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti. 

Tampaknya pemerintah sedang dirundung keraguan untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Namun kelangkaan BBM sudah terjadi pada tingkat akar rumput. 

Hal 3

ROYALTI BATU BARA : Tarif non-PKP2B Disesuaikan 

Pemerintah akan menyesuaikan tingkat royalti yang harus disetor oleh perusahaan pemegang izin usaha pertambangan (IUP) batu bara atau nonperjanjian karya peng usahaan pertambang an batu bara (PKP2B) karena dinilai kurang adil.  

Hal 4

PEREKONOMIAN AS : PDB di Bawah Ekspektasi

Perekonomian Amerika Serikat tumbuh kurang dari estimasi pada kuartal I/2013, dipicu oleh penurunan belanja pemerintah, termasuk belanja pertahanan. 

Hal 5

Iklan Laporan Keuangan 

Hal 6 - 7

Iklan 

Hal 8

PROYEK MRT : Sistem Pembayaran Langsung Dikaji 

Japan International Cooperation Agency (JICA) menyiapkan dana Rp5,2 triliun untuk pelaksanaan proyek MRT Jakarta tahap pertama. 

Hal 9

REGULASI IMPOR : Teh Jabar Kian Tertekan 

Produksi teh lokal di Jawa Barat semakin tertekan akibat regulasi impor yang menyebabkan harga lebih murah. 

Hal 10

Iklan Laporan Keuangan 

Hal 11

PEMOHON PILIH KASASI : Kasus Pailit Bakrie Swasakti Berlanjut ke MA 

Perselisihan antara RH Soetomo (pemohon pailit) dan PT Bakrie Swasakti Utama (BSU) bakal berlanjut ke jenjang yang lebih tinggi ke Mahkamah Agung karena pemohon palit terhadap perusahaan properti itu tidak menerima putusan pengadilan. 

Hal 12

POLEMIK EKSEKUSI : ICW Sebut Susno Layak Masuk DPO 

Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Kejaksaan Agung memasukkan mantan Kabareskrim, Komjen Pol (pur) Susno Duadji, dalam daftar pencarian orang (DPO). 

 

More From Makro Ekonomi

  • Cuan dari Emiten Baru

    11:18 WIB

    Sembilan dari sepuluh saham emiten yang baru melantai di Bursa Efek Indonesia sepanjang tahun ini menorehkan kinerja positif. Saham PT Capital Financial Indonesia Tbk. melesat paling tinggi 228,88% sejak menggelar initial public offering/IPO.

  • Emiten Batu Bara Mulai Membara

    10:42 WIB

    Lonjakan harga batu bara di pasar global sejak awal tahun hingga 36,67% menjadi tumpuan kinerja emiten komoditas batu hitam sepanjang sisa periode 2016.

  • SMSM Optimistis Paruh Kedua Lebih Baik

    09:15 WIB

    Emiten produsen komponen kendaraan bermotor PT Selamat Sempurna Tbk. optimistis kinerja paruh kedua lebih baik dengan proyeksi pertumbuhan sekitar 5% dari semester I/2016

  • MI Tak Takut Bersaing

    11:02 WIB

    Para manajer investasi optimistis penghapusan pajak bunga obligasi pemerintah tidak akan membuat reksa dana berbasis obligasi negara menjadi sepi peminat. Pengelolaan yang aktif diyakini bakal memberikan return yang lebih tinggi.

News Feed

  • Bank Tetap Sehat

    Selasa, 27 September 2016 - 13:22 WIB

    Meskipun kredit bermasalah perbankan kembali menunjukkan kenaikan hingga memasuki awal semester II/2016, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan perbankan Indonesia masih dalam kondisi yang sehat.

  • Kredit Produktif Kian Menyusut

    Selasa, 27 September 2016 - 13:00 WIB

    Otoritas Jasa Keuangan meminta bank pembangunan daerah meningkatkan penyaluran kredit ke sektor-sektor produktif lantaran sejauh ini porsinya justru mengecil.

  • Pembiayaan Mobil Baru Kian Laju

    Selasa, 27 September 2016 - 12:02 WIB

    Pelaku usaha pembiayaan optimistis penyaluran pembiayaan di segmen mobil baru bakal meningkat signifikan seiring penjualan otomotif yang terus tumbuh.

  • Nilai Tukar Rupiah Diprediksi Kian Menguat

    Selasa, 27 September 2016 - 11:40 WIB

    Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS diyakini melanjutkan tren penguatan dalam sepekan ini seiring dengan membaiknya sentimen domestik. Mata uang Garuda diprediksi bergerak di kisaran Rp13.050--Rp13.150 per dolar AS.

  • Ramai Berburu Cuan di Layar Lebar

    Selasa, 27 September 2016 - 11:35 WIB

    Industri film layar lebar buatan Indonesia tengah naik daun. Rumah produksi rajin merilis film layar lebar yang menyerap minat besar dari penonton Indonesia.

Load More