Navigasi Bisnis Terpercaya

Minggu 26 Februari 2017

BISNIS INDONESIA edisi cetak Senin, 29 April 2013

Endot Brilliantono Senin, 29/04/2013 02:15 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA - Berikut ini adalah ringkasan headlines BISNIS INDONESIA edisi cetak Senin, 29 April 2013. Untuk menyimak lebih lanjut, silahkan kunjungiwww.epaper.bisnis.com.

Seksi Utama 

Hal 1

2 HARGA BBM : Masalah Baru Mengancam 

Apabila jadi, pada Mei pemerintah akan memberlakukan dua harga untuk bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Namun sejumlah masalah baru akan menghadang opsi itu.

 

PERGERAKAN BURSA : IHSG Dibayangi Tekanan 

Seiring dengan kurang memuaskannya laporan keuangan kuartal I/2013 dan rencana kenaikan harga bahan bakar, indeks harga saham gabungan (IHSG) pada Mei diprediksi cenderung mengalami tekanan. 

PERSPEKTIF : Harga BBM dan Ledakan Politik

Ahmad Erani Yustika, 

Guru Besar Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Brawijaya & Direktur Eksekutif Indef

Pemerintahan yang efektif kerap kali diukur dari kesigapan mengambil kebijakan dan keterampilan menjalankannya di lapangan. Pemerintah mesti gesit mengambil keputusan, sebab mereka menjadi pemandu tiap kali muncul masalah. 

Hal 2

BBM BERSUBSIDI : Menyoal Kebijakan Dua Harga 

Irwan Wisanggeni, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti. 

Tampaknya pemerintah sedang dirundung keraguan untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Namun kelangkaan BBM sudah terjadi pada tingkat akar rumput. 

Hal 3

ROYALTI BATU BARA : Tarif non-PKP2B Disesuaikan 

Pemerintah akan menyesuaikan tingkat royalti yang harus disetor oleh perusahaan pemegang izin usaha pertambangan (IUP) batu bara atau nonperjanjian karya peng usahaan pertambang an batu bara (PKP2B) karena dinilai kurang adil.  

Hal 4

PEREKONOMIAN AS : PDB di Bawah Ekspektasi

Perekonomian Amerika Serikat tumbuh kurang dari estimasi pada kuartal I/2013, dipicu oleh penurunan belanja pemerintah, termasuk belanja pertahanan. 

Hal 5

Iklan Laporan Keuangan 

Hal 6 - 7

Iklan 

Hal 8

PROYEK MRT : Sistem Pembayaran Langsung Dikaji 

Japan International Cooperation Agency (JICA) menyiapkan dana Rp5,2 triliun untuk pelaksanaan proyek MRT Jakarta tahap pertama. 

Hal 9

REGULASI IMPOR : Teh Jabar Kian Tertekan 

Produksi teh lokal di Jawa Barat semakin tertekan akibat regulasi impor yang menyebabkan harga lebih murah. 

Hal 10

Iklan Laporan Keuangan 

Hal 11

PEMOHON PILIH KASASI : Kasus Pailit Bakrie Swasakti Berlanjut ke MA 

Perselisihan antara RH Soetomo (pemohon pailit) dan PT Bakrie Swasakti Utama (BSU) bakal berlanjut ke jenjang yang lebih tinggi ke Mahkamah Agung karena pemohon palit terhadap perusahaan properti itu tidak menerima putusan pengadilan. 

Hal 12

POLEMIK EKSEKUSI : ICW Sebut Susno Layak Masuk DPO 

Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Kejaksaan Agung memasukkan mantan Kabareskrim, Komjen Pol (pur) Susno Duadji, dalam daftar pencarian orang (DPO). 

 

More From Makro Ekonomi

  • Tren Cost of Fund Turun

    07:49 WIB

    Tren penurunan yield surat utang global yang terjadi saat ini dinilai menjadi momentum yang tepat untuk merilis surat utang berdenominasi valas. Penurunan yield tersebut akan berdampak pada penurunan biaya dana alias cost of fund emisi global bond.

  • Pendapatan Berulang Jadi Penopang

    07:35 WIB

    Sejumlah emiten properti berupaya menggenjot porsi pendapatan berulang sebagai strategi jangka panjang untuk menjaga stabilitas pendapatan di tengah penjualan yang cenderung fluktuatif.

  • Asing Tak Gubris Polemik Freeport

    07:53 WIB

    Meski terjadi gesekan antara pemerintah dan Freeport McMoran, faktor politik dalam negeri dinilai lebih dominan menjadi sentimen negatif di mata investor asing dalam berinvestasi di pasar modal Tanah Air.

  • DMAS Jual Lahan 28 Hektare

    07:41 WIB

    Pengelola lahan industri di bawah Grup Sinarmas, PT Puradeltas Lestari Tbk., telah menjual 28 hektare lahan pada awal tahun ini sehingga target penjualan yang ditetapkan pada tahun ini kian realistis.

News Feed

  • Rasa dan Estetika Kudapan Sehat

    Sabtu, 25 Februari 2017 - 14:22 WIB

    Beberapa tahun belakangan, semakin banyak kaum urban yang mengalihkan kebiasaan makan mereka ke diet sehat dari bahanbahan nabati organik atau yang lebih ngetren disebut sebagai metode clean eating.

  • Menikmati Fuji dari Kawaguchi

    Sabtu, 25 Februari 2017 - 14:21 WIB

    Gunung Fuji atau Fujiyama merupakan salah satu simbol dan ikon Jepang, selain bunga Sakura.

  • Mengukir Waktu dari Jam Tangan Kayu

    Sabtu, 25 Februari 2017 - 13:34 WIB

    Aplikasi kayu-kayuan kini tak lagi terbatas pada furnitur rumah tangga. Di tangan orang-orang kreatif, material kayu bisa dimodifikasi menjadi jam tangan unik dengan tetap memberikan kesan eksklusif.

  • Napas Romantis Busana Pengantin Retro

    Sabtu, 25 Februari 2017 - 13:27 WIB

    Dari masa ke masa, busana pengantin bergaya internasional terus mengalami evolusi tren, mulai dari potongan yang megar dan penuh detail rumit ala putri negeri dongeng, hingga siluet press body nan simpel dan minim aksen.

  • Penularan Demam Kuning

    Sabtu, 25 Februari 2017 - 12:50 WIB

    Nyamuk yang terinfeksi dapat menularkan virus dari manusia ke manusiaNyamuk boleh jadi merupakan salah satu musuh utama manusia di bidang kesehatan.

Load More