Navigasi Bisnis Terpercaya

Jum'at 29 Juli 2016

BISNIS INDONESIA edisi cetak Senin, 29 April 2013

Endot Brilliantono Senin, 29/04/2013 02:15 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA - Berikut ini adalah ringkasan headlines BISNIS INDONESIA edisi cetak Senin, 29 April 2013. Untuk menyimak lebih lanjut, silahkan kunjungiwww.epaper.bisnis.com.

Seksi Utama 

Hal 1

2 HARGA BBM : Masalah Baru Mengancam 

Apabila jadi, pada Mei pemerintah akan memberlakukan dua harga untuk bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Namun sejumlah masalah baru akan menghadang opsi itu.

 

PERGERAKAN BURSA : IHSG Dibayangi Tekanan 

Seiring dengan kurang memuaskannya laporan keuangan kuartal I/2013 dan rencana kenaikan harga bahan bakar, indeks harga saham gabungan (IHSG) pada Mei diprediksi cenderung mengalami tekanan. 

PERSPEKTIF : Harga BBM dan Ledakan Politik

Ahmad Erani Yustika, 

Guru Besar Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Brawijaya & Direktur Eksekutif Indef

Pemerintahan yang efektif kerap kali diukur dari kesigapan mengambil kebijakan dan keterampilan menjalankannya di lapangan. Pemerintah mesti gesit mengambil keputusan, sebab mereka menjadi pemandu tiap kali muncul masalah. 

Hal 2

BBM BERSUBSIDI : Menyoal Kebijakan Dua Harga 

Irwan Wisanggeni, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti. 

Tampaknya pemerintah sedang dirundung keraguan untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Namun kelangkaan BBM sudah terjadi pada tingkat akar rumput. 

Hal 3

ROYALTI BATU BARA : Tarif non-PKP2B Disesuaikan 

Pemerintah akan menyesuaikan tingkat royalti yang harus disetor oleh perusahaan pemegang izin usaha pertambangan (IUP) batu bara atau nonperjanjian karya peng usahaan pertambang an batu bara (PKP2B) karena dinilai kurang adil.  

Hal 4

PEREKONOMIAN AS : PDB di Bawah Ekspektasi

Perekonomian Amerika Serikat tumbuh kurang dari estimasi pada kuartal I/2013, dipicu oleh penurunan belanja pemerintah, termasuk belanja pertahanan. 

Hal 5

Iklan Laporan Keuangan 

Hal 6 - 7

Iklan 

Hal 8

PROYEK MRT : Sistem Pembayaran Langsung Dikaji 

Japan International Cooperation Agency (JICA) menyiapkan dana Rp5,2 triliun untuk pelaksanaan proyek MRT Jakarta tahap pertama. 

Hal 9

REGULASI IMPOR : Teh Jabar Kian Tertekan 

Produksi teh lokal di Jawa Barat semakin tertekan akibat regulasi impor yang menyebabkan harga lebih murah. 

Hal 10

Iklan Laporan Keuangan 

Hal 11

PEMOHON PILIH KASASI : Kasus Pailit Bakrie Swasakti Berlanjut ke MA 

Perselisihan antara RH Soetomo (pemohon pailit) dan PT Bakrie Swasakti Utama (BSU) bakal berlanjut ke jenjang yang lebih tinggi ke Mahkamah Agung karena pemohon palit terhadap perusahaan properti itu tidak menerima putusan pengadilan. 

Hal 12

POLEMIK EKSEKUSI : ICW Sebut Susno Layak Masuk DPO 

Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Kejaksaan Agung memasukkan mantan Kabareskrim, Komjen Pol (pur) Susno Duadji, dalam daftar pencarian orang (DPO). 

 

More From Makro Ekonomi

  • Pefindo Raih Mandat Rp30,4 Triliun

    11:18 WIB

    Bergulirnya kebijakan amnesti pajak diyakini akan memotivasi korporasi untuk menerbitkan instrumen surat utang pada semester II/2016. Di sisi lain, mandat penerbitan surat utang yang dikantongi PT Pemeringkat Efek Indonesia saat ini mencapai Rp30,45 triliun

  • Persaingan Sengit Para Manajer Investasi

    08:47 WIB

    Manajer Investasi siap menggulirkan jurus untuk menarik dana deklarasi dan repatriasi hasil tax amnesty yang diproyeksi hingga ribuan triliun rupiah.

  • HMSP & UNVR Tumbuh Dua Digit

    08:40 WIB

    ua raksasa sektor konsumer PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. dan PT Unilever Indonesia Tbk. membukukan pertumbuhan laba double digit pada semester I/2016, masing-masing 22,7% dan 12,28% secara tahunan.

  • BEI Batal Lakukan Revisi

    09:35 WIB

    Bursa Efek Indonesia batal mengubah aturan batas bawah harga saham Rp50 di pasar reguler.

News Feed

  • Bandara Kualanamu Belum Dimanfaatkan Secara Maksimal

    Jum'at, 29 Juli 2016 - 16:08 WIB

    Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang dinilai po ten sial untuk melayani pe ngiriman kargo ekspor. Kendati demikian, hingga saat ini bisnis kargo eks por melalui bandara ini be lum dimanfaatkan secara maksimal oleh para pengusaha di Sumut

  • Performa UNTR Masih Tertekan

    Jum'at, 29 Juli 2016 - 16:00 WIB

    Emiten alat berat PT United Tractors Tbk. masih tertekan pelemahan harga komoditas, sehingga laba bersih perseroan turut ambrol 45,59% menjadi Rp1,85 triliun pada paruh pertama tahun ini

  • Realisasi Tembus Rp7,7 Triliun

    Jum'at, 29 Juli 2016 - 15:53 WIB

    PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah atau Bank Jateng telah menyalurkan kredit usaha mikro, kecil, dan menengah hingga saat ini di angka Rp7,7 triliun, dengan nasabah terbanyak di sektor perdagangan

  • Gateway Sekuritas Ditambah

    Jum'at, 29 Juli 2016 - 15:33 WIB

    Jumlah perusahaan sekuritas yang menjadi pintu masuk dana repatriasi akan ditambah

  • Penjualan Belum Mampu Tembus 70%

    Jum'at, 29 Juli 2016 - 15:23 WIB

    Tingkat penyerapan apartemen Jakarta yang tengah dalam proses konstruksi rata-rata masih kurang dari 70%. Sentimen ekonomi yang kian positif berpeluang meningkatkan penyerapan apartemen-apartemen baru pada kuartal-kuartal masa mendatang

Load More