Navigasi Bisnis Terpercaya

Selasa 24 Januari 2017

BISNIS INDONESIA edisi cetak Senin, 29 April 2013

Endot Brilliantono Senin, 29/04/2013 02:15 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA - Berikut ini adalah ringkasan headlines BISNIS INDONESIA edisi cetak Senin, 29 April 2013. Untuk menyimak lebih lanjut, silahkan kunjungiwww.epaper.bisnis.com.

Seksi Utama 

Hal 1

2 HARGA BBM : Masalah Baru Mengancam 

Apabila jadi, pada Mei pemerintah akan memberlakukan dua harga untuk bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Namun sejumlah masalah baru akan menghadang opsi itu.

 

PERGERAKAN BURSA : IHSG Dibayangi Tekanan 

Seiring dengan kurang memuaskannya laporan keuangan kuartal I/2013 dan rencana kenaikan harga bahan bakar, indeks harga saham gabungan (IHSG) pada Mei diprediksi cenderung mengalami tekanan. 

PERSPEKTIF : Harga BBM dan Ledakan Politik

Ahmad Erani Yustika, 

Guru Besar Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Brawijaya & Direktur Eksekutif Indef

Pemerintahan yang efektif kerap kali diukur dari kesigapan mengambil kebijakan dan keterampilan menjalankannya di lapangan. Pemerintah mesti gesit mengambil keputusan, sebab mereka menjadi pemandu tiap kali muncul masalah. 

Hal 2

BBM BERSUBSIDI : Menyoal Kebijakan Dua Harga 

Irwan Wisanggeni, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti. 

Tampaknya pemerintah sedang dirundung keraguan untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Namun kelangkaan BBM sudah terjadi pada tingkat akar rumput. 

Hal 3

ROYALTI BATU BARA : Tarif non-PKP2B Disesuaikan 

Pemerintah akan menyesuaikan tingkat royalti yang harus disetor oleh perusahaan pemegang izin usaha pertambangan (IUP) batu bara atau nonperjanjian karya peng usahaan pertambang an batu bara (PKP2B) karena dinilai kurang adil.  

Hal 4

PEREKONOMIAN AS : PDB di Bawah Ekspektasi

Perekonomian Amerika Serikat tumbuh kurang dari estimasi pada kuartal I/2013, dipicu oleh penurunan belanja pemerintah, termasuk belanja pertahanan. 

Hal 5

Iklan Laporan Keuangan 

Hal 6 - 7

Iklan 

Hal 8

PROYEK MRT : Sistem Pembayaran Langsung Dikaji 

Japan International Cooperation Agency (JICA) menyiapkan dana Rp5,2 triliun untuk pelaksanaan proyek MRT Jakarta tahap pertama. 

Hal 9

REGULASI IMPOR : Teh Jabar Kian Tertekan 

Produksi teh lokal di Jawa Barat semakin tertekan akibat regulasi impor yang menyebabkan harga lebih murah. 

Hal 10

Iklan Laporan Keuangan 

Hal 11

PEMOHON PILIH KASASI : Kasus Pailit Bakrie Swasakti Berlanjut ke MA 

Perselisihan antara RH Soetomo (pemohon pailit) dan PT Bakrie Swasakti Utama (BSU) bakal berlanjut ke jenjang yang lebih tinggi ke Mahkamah Agung karena pemohon palit terhadap perusahaan properti itu tidak menerima putusan pengadilan. 

Hal 12

POLEMIK EKSEKUSI : ICW Sebut Susno Layak Masuk DPO 

Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Kejaksaan Agung memasukkan mantan Kabareskrim, Komjen Pol (pur) Susno Duadji, dalam daftar pencarian orang (DPO). 

 

More From Makro Ekonomi

  • OJK Rancang Instrumen Investasi Baru

    07:28 WIB

    Besarnya kebutuhan dana untuk mendorong pembangunan infrastruktur nasional mendorong Otoritas Jasa Keuangan menyusun produk investasi khusus yang diterbitkan oleh manajer investasi untuk mendanai proyek-proyek infrastruktur publik.

  • Beban Emiten Properti Berpotensi Naik

    07:14 WIB

    Wacana pemerintah menerapkan kebijakan pajak progresif untuk objek lahan diperkirakan dapat mengerek beban emiten properti. Emiten menilai, penerapan pajak progresif bakal membuat biaya pengembangan menjadi lebih tinggi sehingga mengerek harga jual.

  • Reksa Dana Terproteksi Kian Seksi

    07:06 WIB

    Reksa dana terproteksi diproyeksi semakin menarik seiring dengan lampu hijau penggunaan surat utang jangka pendek (medium term notes/MTN) sebagai aset dasar produk investasi tersebut.

  • Jurus Menceker & Mematuk Cuan

    06:58 WIB

    Tahun Monyet Api segera berlalu dan berganti menjadi tahun Ayam Api. Kendati bisnis yang bakal diuntungkan tidak akan jauh berbeda, tetapi ayam merupakan elemen logam sehingga kewaspadaan juga harus ditingkatkan. Pasalnya, elemen logam dan api sering kali tidak harmonis.

News Feed

  • Mengejar Target 392 Kilometer

    Selasa, 24 Januari 2017 - 09:52 WIB

    Tahun lalu, realisasi pengoperasian jalan tol baru tergolong sangat rendah. Dari 136 kilometer jalan tol yang ditargetkan beroperasi, hanya sepanjang 44 kilometer yang terealisasi atau 32%. Itu pun semuanya berasal dari jalan tol yang dibangun swasta.

  • Infrastruktur Jadi Kunci

    Selasa, 24 Januari 2017 - 09:44 WIB

    Produsen semen berusaha menekan selisih harga lewat pembangunan pabrik-pabrik pengepakan baru. Namun, wacana semen satu harga hanya bisa terealisasi lewat pembangunan infrastruktur

  • Penjualan Turun 0,3%

    Selasa, 24 Januari 2017 - 09:34 WIB

    Penurunan pasar sepeda motor di dalam negeri menekan capaian di level regional. Penjualan roda dua di Asean sepanjang JanuariNovember 2016 menurun 0,3%.

  • Pelat Merah Turut Berkontribusi

    Selasa, 24 Januari 2017 - 09:25 WIB

    Sejumlah perusahaan pelat merah yang menjalankan bisnis logistik digandeng pemerintah untuk ikut mengembangkan sentra-sentra kelautan dan perikanan terpadu atau SKPT yang akan dibangun di 12 pulau terluar tahun ini.

  • Investasi Makin Tak Menarik

    Selasa, 24 Januari 2017 - 09:14 WIB

    Tarif listrik berbasis energi baru dan terbarukan di Tanah Air bakal turun signifikan setelah pemerintah dalam waktu dekat menetapkan harga listrik energi hijau itu maksimal 85% dari biaya pokok produksi atau BPP listrik regional PLN.

Load More