Navigasi Bisnis Terpercaya

Kamis 30 Maret 2017

Bisnis Indonesia edisi Cetak Jumat (21/2/2014) Seksi Utama

Fatkhul Maskur Jum'at, 21/02/2014 02:20 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Berikut ini adalah ringkasan headlines BISNIS INDONESIA edisi cetak Jumat, 21 Februari 2014. Untuk menyimak lebih lanjut, silahkan kunjungi http://epaper.bisnis.com/

Seksi Utama

Hal 1. PENAIKAN TARIF LISTRIK: Pebisnis Protes Keras

Pebisnis manufaktur mengancam akan mengajukan gugatan uji materi (judicial review) ke Mahkamah Agung bila pemerintah berkeras menaikkan tarif listrik golongan industri skala besar pada 1 Mei 2014.

IMPOR BERAS: Sistem Impor Dirombak

Menyusul kisruh beras impor beberapa waktu lalu, pemerintah akhirnya merombak sistem importasi komoditas tersebut untuk mencegah kasus serupa terulang dan membendung banjir beras impor.

JAMINAN PROYEK MONOREL: Jakarta Monorail Hanya Sanggupi Rp75 Miliar

PT Jakarta Monorail (JM), per usahaan di bawah bendera Ortus Holdings milik pengusaha Edward Soerya djaya, mengusulkan nilai jaminan pelaksanaan proyek transportasi massal berbasis rel tunggal (monorel) sebesar 0,5% dari total nilai investasi.

Hal 2. UU PERDAGANGAN: Menjaga Pasar dan Daya Saing Dalam Negeri

Pengesahan RUU Perdagangan Indonesia oleh DPR pada 11 Februari 2014 merupakan sejarah baru di sektor perdagangan nasional.

Aunur Rofiq, Ketua DPP PPP Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan/Pebisnis Sektor Pertambangan dan Perkebunan.

Hal 3. FUNDAMENTAL EKONOMI NASIONAL: Kemampuan Bayar Utang Kian Melemah

Kemampuan membayar utang luar negeri Indonesia melemah karena pertumbuhan utang me laju lebih kencang daripada kecepatan pe nyempitan defisit transaksi berjalan pada kuartal IV/2013.

Hal 4. SNI PRODUK MAINAN: Baru 1% Produk Ber-SNI

Menjelang implementasi Standar Nasional Indonesia (SNI) wajib untuk mainan anak pada 30 April 2014, tercatat baru sekitar 1% pelaku usaha yang sudah mengantongi sertifikasi produk penggunaan tanda (SPPT) SNI hingga saat ini.

Hal 5. KONTRAK TAMBANG: Renegosiasi Tuntas 2014

Pemerintah menjanjikan proses renegosiasi kontrak pertambangan yang semula dijanjikan selesai pada akhir 2013 kembali dijadwalkan untuk dituntaskan pada tahun ini dengan melibatkan 112 perusahaan pemegang KK dan PKP2B.

Hal 6-7. IKLAN

Hal 8. RUMAH BERSUBSIDI: Harga Jual di Atas Rp88 Juta

Ketidakjelasan penetapan harga baru rumah subsidi membuat pengembang mulai menjual rumah subsidi lebih mahal dibandingkan dengan harga yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp88 juta.

Hal 9. INFRASTRUKTUR PELABUHAN: Pengusaha Jateng Desak Pembenahan

Kalangan pengusaha ekspor impor Jawa Tengah mendesak pemerintah setempat membenahi infrastruktur guna menekan bea pengiriman barang dari dan ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Hal 10. LAPORAN KHUSUS

AKUISISI BANK: Menanti Juragan Baru BTN

“Lihat dulu aturannya.” Kalimat singkat, tetapi penuh makna itu lepas dari bibir Deputi Bidang Jasa Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Gatot Trihargo saat dikepung wartawan dalam satu acara pada Jumat (14/2).

Hal 11. KASUS PENERBANGAN: Lion Air Ajukan Gugatan Balik

PT Lion Mentari Airlines balik meminta ganti rugi sedikitnya Rp1 triliun kepada Benny Putra Wijaya, sub agen tiket penerbangan, terkait batalnya penerbangan jemaah umroh PT Kharissa Permai Holiday.

Hal 12. SKANDAL MK: Dituduh Terima Rp62,7 Miliar, Akil Geram

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar akhirnya duduk sebagai pesakitan di kursi terdakwa Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Kamis (20/2).

More From Makro Ekonomi

  • Ambisi Tito Lampaui Aset Perbankan

    13:34 WIB

    "Hidup itu harus ada target. Setelah tembus Rp6.000 triliun, kami harap market cap bisa melampaui aset perbankan," ucap Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Tito Sulistio, Kamis (23/3).

  • PPRO Garap Kertajati

    13:28 WIB

    PT PP Properti Tbk. melalui kerja sama dengan PT BIJB Aerocity Development akan mengembangkan kawasan bisnis seluas 300 hektare di kawasan Bandar Udara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat

  • Bisnis Indonesia Edisi Cetak Senin, 27 Maret 2017 Seksi Market

    01:48 WIB

    Berikut ini adalah ringkasan headlines BISNIS INDONESIA edisi cetak Senin, 27 Maret 2017. Untuk menyimak lebih lanjut, silahkan kunjungi http://epaper.bisnis.com/

  • Berlomba Rilis Produk Anyar

    08:52 WIB

    Industri reksa dana yang bergairah membuat sejumlah manajer investasi percaya diri menerbitkan produk anyar. Sepanjang pekan ini saja, ada tiga produk reksa dana terbuka yang meluncur ke pasar

News Feed

  • Gubernur BI Siap Bersaksi

    Rabu, 29 Maret 2017 - 16:42 WIB

    Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardoo dijadwalkan hadir dalam persidangan kasus korupsi pengadaan KTP elektronik, Kamis (30/3), dalam kapasitasnya sebagai saksi terhadap terdakwa Irman dan Sugoharto, mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri.

  • Asia Paper Diberi Tenggat 45 Hari

    Rabu, 29 Maret 2017 - 14:05 WIB

    Masa penundaan kewajiban pembayaran utang PT Asia Paper Mills akhirnya disepakati selama 45 hari, jauh dari harapan perseroan selaku debitur, yang mengajukan perpanjangan waktu 180 hari.

  • RI Bersiap Hadapi AS

    Rabu, 29 Maret 2017 - 12:11 WIB

    Indonesia bersiap menghadapi tudingan dumping dan subsidi dari Amerika Serikat atas produk biodiesel Tanah Air, setelah sebelumnya Uni Eropa menyampaikan tuduhan serupa

  • “Koperasi Bisa Menjadi Kekuatan Dahsyat”

    Rabu, 29 Maret 2017 - 11:52 WIB

    Pemerintah sejak awal sepakat menjadikan koperasi dan usaha kecil menengah (UKM) sebagai salah satu tulang punggung pertumbuhan ekonomi, dan berupaya terus menumbuhkan pelaku usahanya dengan berbagai kebijakan. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Koperasi dan UKM menjelaskan upaya yang selama ini dilakukan pemerintah untuk koperasi dan UKM. Berikut ini petikan wawancaranya.

  • KKP Bidik Pemilik Kapal Jumbo

    Rabu, 29 Maret 2017 - 10:02 WIB

    Kementerian Kelautan dan Perikanan membidik perusahaan-perusahaan yang menjadi pemilik 16.000 kapal perikanan di atas 30 gros ton lulus sertifikasi hak asasi manusia sebagai parameter penilaian perpanjangan izin usaha.

Load More