Navigasi Bisnis Terpercaya

Rabu 29 Juni 2016

Bisnis Indonesia edisi Cetak Jumat (21/2/2014) Seksi Utama

Fatkhul Maskur Jum'at, 21/02/2014 02:20 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Berikut ini adalah ringkasan headlines BISNIS INDONESIA edisi cetak Jumat, 21 Februari 2014. Untuk menyimak lebih lanjut, silahkan kunjungi http://epaper.bisnis.com/

Seksi Utama

Hal 1. PENAIKAN TARIF LISTRIK: Pebisnis Protes Keras

Pebisnis manufaktur mengancam akan mengajukan gugatan uji materi (judicial review) ke Mahkamah Agung bila pemerintah berkeras menaikkan tarif listrik golongan industri skala besar pada 1 Mei 2014.

IMPOR BERAS: Sistem Impor Dirombak

Menyusul kisruh beras impor beberapa waktu lalu, pemerintah akhirnya merombak sistem importasi komoditas tersebut untuk mencegah kasus serupa terulang dan membendung banjir beras impor.

JAMINAN PROYEK MONOREL: Jakarta Monorail Hanya Sanggupi Rp75 Miliar

PT Jakarta Monorail (JM), per usahaan di bawah bendera Ortus Holdings milik pengusaha Edward Soerya djaya, mengusulkan nilai jaminan pelaksanaan proyek transportasi massal berbasis rel tunggal (monorel) sebesar 0,5% dari total nilai investasi.

Hal 2. UU PERDAGANGAN: Menjaga Pasar dan Daya Saing Dalam Negeri

Pengesahan RUU Perdagangan Indonesia oleh DPR pada 11 Februari 2014 merupakan sejarah baru di sektor perdagangan nasional.

Aunur Rofiq, Ketua DPP PPP Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan/Pebisnis Sektor Pertambangan dan Perkebunan.

Hal 3. FUNDAMENTAL EKONOMI NASIONAL: Kemampuan Bayar Utang Kian Melemah

Kemampuan membayar utang luar negeri Indonesia melemah karena pertumbuhan utang me laju lebih kencang daripada kecepatan pe nyempitan defisit transaksi berjalan pada kuartal IV/2013.

Hal 4. SNI PRODUK MAINAN: Baru 1% Produk Ber-SNI

Menjelang implementasi Standar Nasional Indonesia (SNI) wajib untuk mainan anak pada 30 April 2014, tercatat baru sekitar 1% pelaku usaha yang sudah mengantongi sertifikasi produk penggunaan tanda (SPPT) SNI hingga saat ini.

Hal 5. KONTRAK TAMBANG: Renegosiasi Tuntas 2014

Pemerintah menjanjikan proses renegosiasi kontrak pertambangan yang semula dijanjikan selesai pada akhir 2013 kembali dijadwalkan untuk dituntaskan pada tahun ini dengan melibatkan 112 perusahaan pemegang KK dan PKP2B.

Hal 6-7. IKLAN

Hal 8. RUMAH BERSUBSIDI: Harga Jual di Atas Rp88 Juta

Ketidakjelasan penetapan harga baru rumah subsidi membuat pengembang mulai menjual rumah subsidi lebih mahal dibandingkan dengan harga yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp88 juta.

Hal 9. INFRASTRUKTUR PELABUHAN: Pengusaha Jateng Desak Pembenahan

Kalangan pengusaha ekspor impor Jawa Tengah mendesak pemerintah setempat membenahi infrastruktur guna menekan bea pengiriman barang dari dan ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Hal 10. LAPORAN KHUSUS

AKUISISI BANK: Menanti Juragan Baru BTN

“Lihat dulu aturannya.” Kalimat singkat, tetapi penuh makna itu lepas dari bibir Deputi Bidang Jasa Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Gatot Trihargo saat dikepung wartawan dalam satu acara pada Jumat (14/2).

Hal 11. KASUS PENERBANGAN: Lion Air Ajukan Gugatan Balik

PT Lion Mentari Airlines balik meminta ganti rugi sedikitnya Rp1 triliun kepada Benny Putra Wijaya, sub agen tiket penerbangan, terkait batalnya penerbangan jemaah umroh PT Kharissa Permai Holiday.

Hal 12. SKANDAL MK: Dituduh Terima Rp62,7 Miliar, Akil Geram

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar akhirnya duduk sebagai pesakitan di kursi terdakwa Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Kamis (20/2).

More From Makro Ekonomi

  • INKP & TKIM Pilih Konservatif

    07:33 WIB

    Dua produsen kertas milik Grup Sinarmas yaitu PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. dan PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. memasang target konservatif untuk kinerja penjualan dan laba bersih.

  • PWON Bidik Rp900 Miliar

    07:15 WIB

    Emiten properti yang berbasis di Surabaya PT Pakuwon Jati Tbk. menargetkan pendapatan prapenjualan atau marketing sales sebesar Rp700 miliar-Rp900 miliar dari penjualan proyek baru.

  • BEI Jaring di Luar Jakarta

    07:20 WIB

    Bursa Efek Indonesia membidik perusahaan-perusahaan industri di luar Jakarta untuk dapat melantai di bursa.

  • Koreksi Harga Minyak Hanya Sementara

    07:15 WIB

    Harga minyak melanjutkan tren koreksi akibat Inggris memutuskan berpisah dari Uni Eropa. Namun, sentimen Brexit dipercaya tidak akan memengaruhi pasar minyak dalam jangka panjang.

News Feed

  • Pemulihan Pasar Otomotif Terhambat

    Rabu, 29 Juni 2016 - 10:10 WIB

    Sejumlah pelaku bisnis di sektor otomotif menyayangkan rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menaikkan bea balik nama kendaraan bermotor yang dikhawatirkan akan memperlambat pemulihan pasar.

  • Negara Jadi Penyedia Fasilitas

    Rabu, 29 Juni 2016 - 09:20 WIB

    Sejumlah pelaku industri properti menilai langkah pemerintah yang ingin mengembangkan 10 kota baru yang tersebar di wilayah Nusantara harus dibarengi dengan komitmen dasar pemerintah sebagai lokomotif.

  • Harga Merangkak Naik Jelang Lebaran

    Rabu, 29 Juni 2016 - 09:12 WIB

    Sepekan menjelang Lebaran, harga komoditas mulai merangkak naik kembali. Pedagang bahkan menilai kenaikan harga kali ini lebih tinggi dibandingkan dengan Lebaran sebelumnya.

  • PK Ditolak, KPK Tak Berhenti Incar Hadi

    Rabu, 29 Juni 2016 - 09:05 WIB

    KPK mempertimbangkan mengeluarkan surat perintah penyidikan baru terhadap berkas mantan Ketua BPK Hadi Poernomo. Mahkamah Agung menolak pengajukan Peninjauan Kembali terhadap putusan praperadilan yang dimenengkan Hadi.

  • Pengadilan Menangkan Johnson

    Rabu, 29 Juni 2016 - 08:59 WIB

    Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memenangkan kubu Johnson W. Sutjipto dalam sengketa kepemimpinan Asosiasi Pemilik Pelayaran Nasional Indonesia atau Indonesian National Shipowners Association (INSA).

Load More