Navigasi Bisnis Terpercaya

Jum'at 29 Juli 2016

Bisnis Indonesia edisi Cetak Jumat (21/2/2014) Seksi Utama

Fatkhul Maskur Jum'at, 21/02/2014 02:20 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Berikut ini adalah ringkasan headlines BISNIS INDONESIA edisi cetak Jumat, 21 Februari 2014. Untuk menyimak lebih lanjut, silahkan kunjungi http://epaper.bisnis.com/

Seksi Utama

Hal 1. PENAIKAN TARIF LISTRIK: Pebisnis Protes Keras

Pebisnis manufaktur mengancam akan mengajukan gugatan uji materi (judicial review) ke Mahkamah Agung bila pemerintah berkeras menaikkan tarif listrik golongan industri skala besar pada 1 Mei 2014.

IMPOR BERAS: Sistem Impor Dirombak

Menyusul kisruh beras impor beberapa waktu lalu, pemerintah akhirnya merombak sistem importasi komoditas tersebut untuk mencegah kasus serupa terulang dan membendung banjir beras impor.

JAMINAN PROYEK MONOREL: Jakarta Monorail Hanya Sanggupi Rp75 Miliar

PT Jakarta Monorail (JM), per usahaan di bawah bendera Ortus Holdings milik pengusaha Edward Soerya djaya, mengusulkan nilai jaminan pelaksanaan proyek transportasi massal berbasis rel tunggal (monorel) sebesar 0,5% dari total nilai investasi.

Hal 2. UU PERDAGANGAN: Menjaga Pasar dan Daya Saing Dalam Negeri

Pengesahan RUU Perdagangan Indonesia oleh DPR pada 11 Februari 2014 merupakan sejarah baru di sektor perdagangan nasional.

Aunur Rofiq, Ketua DPP PPP Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan/Pebisnis Sektor Pertambangan dan Perkebunan.

Hal 3. FUNDAMENTAL EKONOMI NASIONAL: Kemampuan Bayar Utang Kian Melemah

Kemampuan membayar utang luar negeri Indonesia melemah karena pertumbuhan utang me laju lebih kencang daripada kecepatan pe nyempitan defisit transaksi berjalan pada kuartal IV/2013.

Hal 4. SNI PRODUK MAINAN: Baru 1% Produk Ber-SNI

Menjelang implementasi Standar Nasional Indonesia (SNI) wajib untuk mainan anak pada 30 April 2014, tercatat baru sekitar 1% pelaku usaha yang sudah mengantongi sertifikasi produk penggunaan tanda (SPPT) SNI hingga saat ini.

Hal 5. KONTRAK TAMBANG: Renegosiasi Tuntas 2014

Pemerintah menjanjikan proses renegosiasi kontrak pertambangan yang semula dijanjikan selesai pada akhir 2013 kembali dijadwalkan untuk dituntaskan pada tahun ini dengan melibatkan 112 perusahaan pemegang KK dan PKP2B.

Hal 6-7. IKLAN

Hal 8. RUMAH BERSUBSIDI: Harga Jual di Atas Rp88 Juta

Ketidakjelasan penetapan harga baru rumah subsidi membuat pengembang mulai menjual rumah subsidi lebih mahal dibandingkan dengan harga yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp88 juta.

Hal 9. INFRASTRUKTUR PELABUHAN: Pengusaha Jateng Desak Pembenahan

Kalangan pengusaha ekspor impor Jawa Tengah mendesak pemerintah setempat membenahi infrastruktur guna menekan bea pengiriman barang dari dan ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Hal 10. LAPORAN KHUSUS

AKUISISI BANK: Menanti Juragan Baru BTN

“Lihat dulu aturannya.” Kalimat singkat, tetapi penuh makna itu lepas dari bibir Deputi Bidang Jasa Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Gatot Trihargo saat dikepung wartawan dalam satu acara pada Jumat (14/2).

Hal 11. KASUS PENERBANGAN: Lion Air Ajukan Gugatan Balik

PT Lion Mentari Airlines balik meminta ganti rugi sedikitnya Rp1 triliun kepada Benny Putra Wijaya, sub agen tiket penerbangan, terkait batalnya penerbangan jemaah umroh PT Kharissa Permai Holiday.

Hal 12. SKANDAL MK: Dituduh Terima Rp62,7 Miliar, Akil Geram

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar akhirnya duduk sebagai pesakitan di kursi terdakwa Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Kamis (20/2).

More From Makro Ekonomi

  • Persaingan Sengit Para Manajer Investasi

    08:47 WIB

    Manajer Investasi siap menggulirkan jurus untuk menarik dana deklarasi dan repatriasi hasil tax amnesty yang diproyeksi hingga ribuan triliun rupiah.

  • HMSP & UNVR Tumbuh Dua Digit

    08:40 WIB

    ua raksasa sektor konsumer PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. dan PT Unilever Indonesia Tbk. membukukan pertumbuhan laba double digit pada semester I/2016, masing-masing 22,7% dan 12,28% secara tahunan.

  • BEI Batal Lakukan Revisi

    09:35 WIB

    Bursa Efek Indonesia batal mengubah aturan batas bawah harga saham Rp50 di pasar reguler.

  • Emiten Masih Pede Capai Target

    09:28 WIB

    Sejumlah emiten kawasan industri masih optimistis memenuhi target hingga akhir tahun ini kendati realisasi penjualan pada paruh pertama 2016 terbilang rendah.

News Feed

  • Dari Presdir hingga Politisi

    Kamis, 28 Juli 2016 - 11:20 WIB

    Setengah berkelakar, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menuding Menteri Sekretaris Negara Pratikno berbuat curang.

  • Soroja Molor, Cisumdawu Tunggu APBN

    Kamis, 28 Juli 2016 - 10:58 WIB

    Penuntasan proyek fisik Jalan tol SoreangPasirkoja (Soroja) dan Cileunyi SumedangDawuan (Cisumdawu) terganjal kondisi cuaca dan pendanaan.

  • Dari Dana Desa Hingga Urbanisasi

    Kamis, 28 Juli 2016 - 10:38 WIB

    Sejumlah ekonom dan jajaran pemerintahan di daerah berharap Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mampu mengawal kebijakan pusat untuk memperbaiki pengelolaan dana desa serta mempercepat gerak pembangunan di perdesaan.

  • KPPU & Kadin Genjot Notifikasi Merger

    Kamis, 28 Juli 2016 - 10:20 WIB

    Komisi Pegawas Persaingan Usaha bersama dengan Kamar Dagang dan Industri akan menggenjot jumlah pelaku usaha agar melaporkan aktivitas merger dan akuisisi ke lembaga yang berwenang.

  • Transaksi Berprinsip Syariah Masih Minim

    Kamis, 28 Juli 2016 - 10:10 WIB

    Volume transaksi pasar uang antarbank berdasarkan prinsip syariah atau PUAS masih minim meski Bank Indonesia telah mengembangkan peraturan mengenai hal tersebut sejak tahun lalu.

Load More