Navigasi Bisnis Terpercaya

Minggu 26 Februari 2017
PENGEMBANGAN BANDARA

Proyek Ahmad Yani Segera Bergulir Lagi

Ringkang Gumiwang Rabu, 30/11/2016 10:15 WIB
Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang
AKARTA — PT Angkasa Pura I memproyeksikan proses lelang pekerjaan untuk pembangunan terminal Bandara Ahmad Yani Semarang senilaiRp989,9 miliar akan rampung  pada Februari 2017 Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura (AP) I Israwadi mengatakan progres lelang Terminal Bandara Ahmad Yani tengah dalam masa penilaian teknis.
 
“Sebenarnya target Februari sudah ditunjuk. Namun, kami evaluasi untuk bisa dipercepat, sehingga Januari itu bisa segera ditunjuk. Sekarang masih  proses pengadaan. Ada penilaian teknis,” katanya di Jakarta, Selasa (29/11).
 
Dia memaparkan sedikitnya ada 13 tahapan yang harus dilalui untuk mendapatkan pemenang lelang antara lain pengumuman pentek, membuka penawaran harga (sampul 2), koreksi aritmatika, klarifikasi penawaran harga, dan evaluasi kewajaran harga. Selanjutnya, laporan hasil lelang, usulan penetapan pemenang, evaluasi oleh Team Evaluation Project Strategis (TEPS), penetapan pemenang, masa sanggah empat hari, bayar jaminan pe laksanaan dan biaya dokumen, serta kontrak kerja sama.
 
“Tahapan yang harus dilalui memang cukup banyak karena kami harus meyakinkan bahwa proses pemilihan kontraktor dilakukan dengan hati-hati, sehingga tepat mutu, tepat harga dan tepat waktu penyelesaian,” tuturnya.
 
Pengembangan Bandara Ahmad Yani terdiri dari empat paket yaitu paket I yang meliputi pembuatan jalan akses dan perbaikan lahan. Progres pekerjaan paket II saat ini baru sekitar 70%, dan ditargetkan rampung Desember 2016. Untuk paket II yang meliputi pekerjaan membangun fasilitas tempat parkir pesawat (apron) dan jalur penghubung antara landas pacu dengan apron (taxiway). Adapun, pekerjaan paket II telah selesai.
 
Dengan demikian, luas apron Ahmad Yani kini mencapai 72.500 m2, naik 150% dari sebelumnya seluas 29.032 m2 . Dengan luas apron itu, bandara mampu menampung 10 pesawat berbadan sempit, dan dua pesawat berbadan lebar. Untuk paket III meliputi pembangunan terminal. Rencananya, terminal Ahmad Yani bakal diperluas hingga 58.652 m 2 , sehingga mampu menampung sebanyak enam ju ta penumpang, naik 650% dari sebelumnya hanya 800.000 penumpang.
 
Khusus paket IV akan meliputi pembangunan kantor dan gedung operasional. Bila tidak ada aral melintang, pekerjaan paket IV akan dimulai Maret 2017, dan rampung  pada September-Oktober 2018. Dari seluruh paket pekerjaan tersebut, nilai investasi yang digelontorkan API mencapai Rp2,1 triliun. Asal tahu saja, pengembangan Ahmad Yani telah dilakukan sejak 2014 yang lalu, dan ditargetkan rampung pada 2018.
 
MENDESAK
AP I telah memprioritaskan pengembangan lima bandara hingga 2020 yaitu Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Ahmad Yani, Yogyakarta Baru Kulonprogo, Juanda Surabaya, dan Sultan Hasanuddin Makassar. Finance & Information Director PT AP I Novrihandri mengatakan kondisi kelima bandara itu sudah mendesak untuk dikembangkan guna menjaga kualitas layanan tetap baik, sekaligus mengimbangi laju pertumbuhan industri penerbangan nasional.
 
“Kebutuhan dana Rp25 triliun akan digunakan untuk mengembangkan lima bandara, dimana saat ini kondisinya itu sudah mengalami lack of capacity, sehingga kualitas pelayanan bandara bagi penumpang juga bakal menurun,” ujarnya.
 
Selain itu, pengembangan kelima bandara juga untuk mengantisipasi pertumbuhan jumlah pengguna jasa bandara pada masa mendatang. Apalagi, pangsa pasar pengguna jasa angkutan udara di Indonesia saat ini masih terbilang kecil. Dia mencatat pengguna jasa angkutan udara dari Indonesia kini baru 44% dari total jumlah penduduk Indonesia, sementara Jepang sudah mencapai 83% dari total penduduk negara itu sebesar 127 juta orang. “Singapura saja pengguna ang kutan udaranya itu malah sampai 500% dari total penduduk Singapura. Ini artinya, peluang jumlah pengguna angkutan udara di Indonesia ma sih sangat terbuka lebar untuk ber kembang,” ujarnya.
 

More From Makro Ekonomi

  • Tren Cost of Fund Turun

    07:49 WIB

    Tren penurunan yield surat utang global yang terjadi saat ini dinilai menjadi momentum yang tepat untuk merilis surat utang berdenominasi valas. Penurunan yield tersebut akan berdampak pada penurunan biaya dana alias cost of fund emisi global bond.

  • Pendapatan Berulang Jadi Penopang

    07:35 WIB

    Sejumlah emiten properti berupaya menggenjot porsi pendapatan berulang sebagai strategi jangka panjang untuk menjaga stabilitas pendapatan di tengah penjualan yang cenderung fluktuatif.

  • Asing Tak Gubris Polemik Freeport

    07:53 WIB

    Meski terjadi gesekan antara pemerintah dan Freeport McMoran, faktor politik dalam negeri dinilai lebih dominan menjadi sentimen negatif di mata investor asing dalam berinvestasi di pasar modal Tanah Air.

  • DMAS Jual Lahan 28 Hektare

    07:41 WIB

    Pengelola lahan industri di bawah Grup Sinarmas, PT Puradeltas Lestari Tbk., telah menjual 28 hektare lahan pada awal tahun ini sehingga target penjualan yang ditetapkan pada tahun ini kian realistis.

News Feed

  • Rasa dan Estetika Kudapan Sehat

    Sabtu, 25 Februari 2017 - 14:22 WIB

    Beberapa tahun belakangan, semakin banyak kaum urban yang mengalihkan kebiasaan makan mereka ke diet sehat dari bahanbahan nabati organik atau yang lebih ngetren disebut sebagai metode clean eating.

  • Menikmati Fuji dari Kawaguchi

    Sabtu, 25 Februari 2017 - 14:21 WIB

    Gunung Fuji atau Fujiyama merupakan salah satu simbol dan ikon Jepang, selain bunga Sakura.

  • Mengukir Waktu dari Jam Tangan Kayu

    Sabtu, 25 Februari 2017 - 13:34 WIB

    Aplikasi kayu-kayuan kini tak lagi terbatas pada furnitur rumah tangga. Di tangan orang-orang kreatif, material kayu bisa dimodifikasi menjadi jam tangan unik dengan tetap memberikan kesan eksklusif.

  • Napas Romantis Busana Pengantin Retro

    Sabtu, 25 Februari 2017 - 13:27 WIB

    Dari masa ke masa, busana pengantin bergaya internasional terus mengalami evolusi tren, mulai dari potongan yang megar dan penuh detail rumit ala putri negeri dongeng, hingga siluet press body nan simpel dan minim aksen.

  • Penularan Demam Kuning

    Sabtu, 25 Februari 2017 - 12:50 WIB

    Nyamuk yang terinfeksi dapat menularkan virus dari manusia ke manusiaNyamuk boleh jadi merupakan salah satu musuh utama manusia di bidang kesehatan.

Load More