Navigasi Bisnis Terpercaya

Minggu 11 Desember 2016

Bisnis Indonesia Edisi Cetak Kamis, 1 Desember 2016. Seksi Utama

Langgeng Wibowo Kamis, 01/12/2016 01:29 WIB
.

Bisnis.com, JAKARTA- Berikut ini adalah ringkasan headlines BISNIS INDONESIA edisi cetak Kamis, 1 Desember 2016. Untuk menyimak lebih lanjut, silahkan kunjungi http://epaper.bisnis.com/

Seksi Utama

Hal 1. LAPORAN DARI AUSTRIA: OPEC Pangkas Produksi
Organisasi negara pengekspor mi nyak (OPEC) akhirnya memang kas pro duksi untuk pertama kali nya sejak 2008. Pe mang kasan mencapai 1,2 juta ba rel menjadi 32,5 juta barel per hari.

PENGELOLAAN APBN: Membaca Bola Kristal
Kementerian Keuangan harus sepi ing pamrih, rame ing gawe. Artinya, dalam penyusunan dan realisasi anggaran, lebih ba nyak bekerja dibandingkan de ngan mengharap imbalan. Se dangkan, ketika situasi penuh ge jolak, anggar an hadir untuk meng hi lang kan kegelisahan pasar.

Hal 2. OPINI:Tantangan Kebijakan Moneter BI
MUH. ISHAK Peneliti Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia
Salah satu tantangan BI saat ini adalah masih lemahnya transmisi kebijakan moneter lembaga itu dalam mengendalikan suku bunga perbankan.

Hal 3. INTERMEDIASI PERBANKAN: Kredit Mulai Ngebut
Sinyal penguatan likuiditas perekonomian makin kuat. Pertumbuhan penyaluran kredit bank pada Oktober pun mulai pulih setelah mencapai titik terendahnya pada September 2016.

Hal 4. HARGA KOMODITAS: Rupiah Diprediksi Dorong Inflasi pada November
Pelemahan rupiah dan penyesuaian harga barang/ jasa yang diatur pemerintah diperkirakan memicu kenaikan inflasi pada November 2016. Selain itu, kenaikan harga sejumlah komoditas pangan juga turut menyeret peningkatan angka tersebut.

Hal 5. SEPUTAR AMNESTI PAJAK:REPATRIASI ASET Berburu Peluang Baru
“Ungkap jangan sembunyikan. Laporkan, lakukan kebenaran. Ungkap jangan hanya diam. Hati pun pasti lega karena sudah terbuka. Tak usah disembunyikan. Ungkap, tebus, lega …”

Hal 6. POLEMIK REVISI PP: Pemerintah Diminta Revisi UU Telekomunikasi
Polemik terus bergulir terkait Rencana pemerintah melakukan revisi Peraturan Pemerintah (PP) No. 52 dan 53 Tahun 2000. Berbagai argumen beredar yang semuanya memiliki dasar pertimbangan tersendiri.

Hal 7. Iklan Daftar Efek Syariah

Hal 8. PARIWISATA DAERAH: Siap Subsidi, Gali Potensi
Pemerintah Provinsi Sumatra Utara mengalokasikan anggaran untuk menyubsidi acara pariwisata di berbagai kabupaten/kota pada tahun depan. Adapun, Bali berpotensi menggandakan perekonomian pariwisatanya pada 2017.

Hal 9. Iklan Advertorial PT Pelindo III

Hal 10.READER'S CHOICE:Politik Energi Berujung Indikasi Korupsi
Presiden Joko Widodo gusar. Banyak proyek listrik mangkrak. Dana triliunan rupiah berpotensi menguap. Konsekuensi dari bergumulnya politik energi dengan mental korupsi di negeri ini.

Hal 11. RUU PERSAINGAN USAHA: Penambahan Kewenangan Masih Jadi Ganjalan
Penambahan kewenangan KPPU untuk melakukan penggeledahan, penyitaan dan penyadapan masih menjadi persoalan yang diperdebatkan. DPR pun membuka peluang perbaikan draf RUU Persaingan Usaha.

Hal 12. PELANTIKAN KETUA DPR:Welcome Home
Politisi Partai Golkar Setya Novanto resmi menjabat kembali sebagai Ketua DPR untuk sisa masa bakti 2016—2019. 

More From Makro Ekonomi

  • Galang Dana Abadi Via Reksa Dana

    09:42 WIB

    Reksa dana semakin dilirik untuk menggalang dana abadi institusi sosial, kesehatan, keagamaan, hingga pendidikan. Sepanjang tahun ini saja, setidaknya ada empat produk endowment fund baru yang diluncurkan

  • Atraksi yang Belum Kelar

    01:00 WIB

    PT Bumi Resources Tbk. tak pernah berhenti menjadi buah bibir. Ibarat kereta halilintar di Dunia Fantasy Ancol, mungkin begitu gambaran pergerakan harga saham BUMI sejak go public.

  • Emiten Masih Konservatif

    08:30 WIB

    Meski harga minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) mulai rebound, sejumlah emiten masih memasang target konservatif pada 2017

  • Trump Effect Hanya Sementara

    08:45 WIB

    Bursa Efek Indonesia yakin kondisi tertekannya indeks harga saham gabungan akibat Trump Effect tidak akan berlangsung lama

News Feed

  • Data China Terus Membaik

    Sabtu, 10 Desember 2016 - 05:47 WIB

    China kembali membukukan perbaikan dalam data ekonomi terbarunya. Kondisi itu meredakan kekhawatiran terjadinya penurunan ekonomi negara tersebut.

  • Tak Ragu Kejar WP Kakap

    Sabtu, 10 Desember 2016 - 03:42 WIB

    Pemerintah tidak ragu mengejar wajib pajak besar yang belum memanfaatkan program pengampunan pajak. Para wajib pajak kelas kakap atau prominen yang belum mengikuti tax amnesty diminta untuk memanfaatkan kesempatan tersebut sebe lum berakhir pada Maret 2017.

  • Mendambakan Industri Kreatif Kian Kinclong

    Sabtu, 10 Desember 2016 - 01:01 WIB

    Data perkembangan industri kreatif yang dirilis Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Badan Pusat Statistik, pekan ini, semakin memberi keyakinan bahwa industri ini layak dijadikan sebagai salah satu penyokong perekonomian nasional.

  • Indonesia Menang Atas Churchill

    Jum'at, 09 Desember 2016 - 11:00 WIB

    Pemerintah berhasil menyelamatkan uang negara senilai US$1,31 miliar setelah International Centre for Settlement of Investments Disputes (ICSID) menolak gugatan arbitrase Churchill Mining Plc. dan Planet Mining Pty Ltd.

  • CPGT Cari Suntikan Dana Segar

    Jum'at, 09 Desember 2016 - 10:53 WIB

    PT Citra Maharlika Nusantara Corpora Tbk. memasukkan klausul investor baru dalam rencana perdamaian sebagai sumber pembiayaan dalam proses restrukturisasi utang.

Load More