Navigasi Bisnis Terpercaya

Minggu 26 Februari 2017
KONEKTIVITAS KALIMANTAN

Proyek Jalur Utara Dikebut

Yanita Petriella Jum'at, 02/12/2016 11:41 WIB
Peletakan batu pertama proyek rel kereta api di Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan di Kutai Timur pada Kamis 1 Desember 2016.  Direktur Utama PT Kaltim Kawasan Industri Maloy Agus Dwitarto, Bupati Kutai Timur Ismunandar, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Direktur Utama Surya Ganda Manajemen Teknik Indonesia Denis Muratov.

KUTAI TIMUR - Proyek kereta api jalur utara yang menghubungkan Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan di Kabupaten Kutai Timur menuju Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara dipacu.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan pembangunan jalur kereta api di Kalimantan Timur ditargetkan saling mengoneksikan daerah-daerah di wilayahnya dan mendorong perekonomian daerah.

Selain mengangkut komoditas batu bara dan kelapa sawit, jalur ini akan dimanfaatkan untuk angkutan penumpang warga di wilayah Kaltim.

Pada Kamis (1/12), Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bersama dengan PT Surya Ganda Manajemen Teknik Indonesia (SGMTI) selaku anak perusahaan Blackspace yang berbasis di Rusia melakukan peletakan batu pertama proyek tersebut.

Di mulainya proyek kereta api ini menjadi tonggak sejarah baru di Pulau Kalimantan. "Saya merencanakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy ini 15 tahun lalu. Hari ini menjadi tonggak sejarah adanya kereta api di Pulau Kalimantan untuk pertama kalinya, khususnya Kaltim," ujar Awang saat meletakkan batu pertama proyek itu di KEK Maloy, Kamis (1/12).

"Saya berharap kereta api ini dapat digunakan sebagai kereta api penumpang yang bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI)”.

Dia meminta agar SMGTI bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam membebaskan lahan agar tak bermasalah.

"Konektivitas antarwilayah ini harus terbangun agar daerah bisa maju. Pembangunan rel kereta api ini tidak boleh menyimpang dari rencana tata ruang wilayah ," ucap Awang.

 

PENGEMBANGAN

Direktur Utama PT Kaltim Kawasan Industri Maloy Agus Dwitarto menuturkan dalam perkembangan bisnis ke depan seluruh pengembangan trans moda diandalkan mengangkut sejumlah hasil industri di wilayah ini.

"Kawasan Industri dan Pelabuhan Industri Maloy ini, merupakan titik outlet untuk keluar kawasan. Kami perlu sampaikan juga. Ini adalah tonggak sejarah dimulainya proyek kereta kali ini," tuturnya.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 56/2009 tentang Perkeretaapian, kereta api ini akan membawa komoditas batu bara.

Namun, saat ini pemerintah daerah berupaya agar ada revisi dalam aturan tersebut sehingga tidak hanya mengangkut komoditas batu bara tetapi juga membawa produk penghiliran kelapa sawit.

"Kami berharap nantinya kereta api ini bisa menjadi moda transportasi yang multipurpose yang bisa mengangkut kargo sehingga pertumbuhan ekonomi lokal bisa segera tumbuh," kata Agus.

Direktur Utama Surya Ganda Manajemen Teknik Indonesia (SGMTI) Denis Muratov menambahkan jalur rel kereta api ini akan dibangun dalam dua tahap.

Tahap pertama pembangunan akan digelar di sepanjang 195 kilometer dari wilayah KEK Maloy dan dilanjutkan ke tahap kedua sepanjang 125 kilometer.

"Ada berbagai jenis lokomotif dan gerbong yang dipakai yang nantinya dapat mengangkut berbagai komoditas dan membantu warga di Kaltim," ucapnya.

Sementara itu, rencana pembangunan kereta api yang dilakukan oleh PT Kereta Api Borneo (KAB) akan dimulai dengan membangun pelabuhan di Kawasan Industri Buluminung.

Head of Regional Corporate Affair PT Kereta Api Borneo M. Yadi Sabiannoor  mengatakan pada tahap awal KAB yang merupakan anak perusahaan Russian Railways ini akan membangun pelabuhan terlebih dahulu. Pelabuhan ini dibangun di Kawasan Industri Buluminung, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.

"Jadi prioritas pertamanya bangun pelabuhan dulu, baru technopark. Setelah itu jalur kereta api. Pembangunan kereta api ini prioritas ketiga. Dalam masterplan 2021 pembangunan kereta api akan selesai," ujarnya.

Jalur kereta api jalur selatan ini memiliki panjang jalur selatan yakni 203 kilometer dari Kawasan Industri Buluminung di PPU hingga ke Kutai Barat.

More From Makro Ekonomi

  • Tren Cost of Fund Turun

    07:49 WIB

    Tren penurunan yield surat utang global yang terjadi saat ini dinilai menjadi momentum yang tepat untuk merilis surat utang berdenominasi valas. Penurunan yield tersebut akan berdampak pada penurunan biaya dana alias cost of fund emisi global bond.

  • Pendapatan Berulang Jadi Penopang

    07:35 WIB

    Sejumlah emiten properti berupaya menggenjot porsi pendapatan berulang sebagai strategi jangka panjang untuk menjaga stabilitas pendapatan di tengah penjualan yang cenderung fluktuatif.

  • Asing Tak Gubris Polemik Freeport

    07:53 WIB

    Meski terjadi gesekan antara pemerintah dan Freeport McMoran, faktor politik dalam negeri dinilai lebih dominan menjadi sentimen negatif di mata investor asing dalam berinvestasi di pasar modal Tanah Air.

  • DMAS Jual Lahan 28 Hektare

    07:41 WIB

    Pengelola lahan industri di bawah Grup Sinarmas, PT Puradeltas Lestari Tbk., telah menjual 28 hektare lahan pada awal tahun ini sehingga target penjualan yang ditetapkan pada tahun ini kian realistis.

News Feed

  • Rasa dan Estetika Kudapan Sehat

    Sabtu, 25 Februari 2017 - 14:22 WIB

    Beberapa tahun belakangan, semakin banyak kaum urban yang mengalihkan kebiasaan makan mereka ke diet sehat dari bahanbahan nabati organik atau yang lebih ngetren disebut sebagai metode clean eating.

  • Menikmati Fuji dari Kawaguchi

    Sabtu, 25 Februari 2017 - 14:21 WIB

    Gunung Fuji atau Fujiyama merupakan salah satu simbol dan ikon Jepang, selain bunga Sakura.

  • Mengukir Waktu dari Jam Tangan Kayu

    Sabtu, 25 Februari 2017 - 13:34 WIB

    Aplikasi kayu-kayuan kini tak lagi terbatas pada furnitur rumah tangga. Di tangan orang-orang kreatif, material kayu bisa dimodifikasi menjadi jam tangan unik dengan tetap memberikan kesan eksklusif.

  • Napas Romantis Busana Pengantin Retro

    Sabtu, 25 Februari 2017 - 13:27 WIB

    Dari masa ke masa, busana pengantin bergaya internasional terus mengalami evolusi tren, mulai dari potongan yang megar dan penuh detail rumit ala putri negeri dongeng, hingga siluet press body nan simpel dan minim aksen.

  • Penularan Demam Kuning

    Sabtu, 25 Februari 2017 - 12:50 WIB

    Nyamuk yang terinfeksi dapat menularkan virus dari manusia ke manusiaNyamuk boleh jadi merupakan salah satu musuh utama manusia di bidang kesehatan.

Load More