Navigasi Bisnis Terpercaya

Minggu 26 Februari 2017

Bisnis Indonesia (12/1): Seksi Utama, Proteksi untuk SBN

Ahmad Yusuf Kamis, 12/01/2017 01:54 WIB
Bisnis Indonesia edisi 2 Januari 2017bisnis indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Berikut ini adalah ringkasan headlines BISNIS INDONESIA edisi cetak Kamis, 12 Januari 2017. Untuk menyimak lebih lanjut, silahkan kunjungi http://epaper.bisnis.com/

Seksi Utama

Hal 1. REVISI REGULASI DILER UTAMA: Proteksi untuk SBN
Menyusul pemutusan kontrak kerja sama JPMorgan dengan pemerintah, Kementerian Keuangan menyelip kan pasal 'karet' sebagai upaya memproteksi penerbitan surat utang negara.

BISNIS PERBANKAN: Kembalinya Para Taipan
Cukup lama keluarga Sudono Salim atau Liem Sioe Liong berhenti menggeluti bisnis perbankan. Kurang lebih 18 tahun sejak krisis 1998 yang merenggut PT Bank Central Asia Tbk. dari tangan Salim.

INVESTASI BODONG: OJK Investigasi Pelaku Lain
Otoritas Jasa Keuangan tengah menginvestigasi sejumlah kegiatan usaha penawaran investasi yang diduga tak berizin atau bodong.

Hal 2. Relaksasi Mineral& Dilema Pemerintah
Pemerintahan Jokowi-JK kembali merelaksasi mineral, sejenis tembaga untuk mengamankan penerimaan negara. Sementara mineral jenis lain, seperti nikel, bauksit dan mangan wajib dimurnikan melalui pembangunan smelter.
FERDY HASIMAN, Peneliti Pada Alpha Research Database Indonesia

Hal 3. PERPANJANGAN EKSPOR KONSENTRAT: Tidak Ada Pilihan Lain
Pemerintah tidak memiliki pilihan lain kecuali harus membuka keran ekspor mineral olahan atau konsentrat jenis tertentu karena kapasitas pengolahan dan pemurnian (smelter) di Tanah Air jauh di bawah produksi.

Hal 4. HARGA KOMODITAS: PDB Asia Tenggara Menjanjikan
Kenaikan investasi sektor swasta dan menguatnya kembali harga komoditas, diproyeksi memberi ruang bagi sejumlah negara berkembang di Asia Tenggara untuk mencetak pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat pada tahun ini.

Hal 5. RADE OFF KEBIJAKAN PENGAMPUNAN: Mengamankan Penerimaan Rutin
Kebijakan amnesti pajak nyatanya tidak membuat penerimaan pajak nonmigas tahun lalu terakselerasi signifi kan. Di balik pengelolaan APBN Perubahan 2016 yang relatif ‘aman’, justru ada risiko menurunnya kapasitas pemungutan pajak.

Hal 6. DOMAIN .ID: Pandi Incar 320.000 Pengguna Tahun Ini
Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) menargetkan pertumbuhan pengguna domain .id sebesar 320.000 pengguna, naik sebesar 60% dibandingkan dengan tahun lalu.

Hal 7. JALAN TOL: WIKA Kuasai Serang—Panimbang
Setelah melalui negosiasi yang ketat, Badan Pengatur Jalan Tol menetapkan konsorsium PT Wijaya Karya Tbk. sebagai pemenang proyek jalan tol Serang—Pa nim bang di Provinsi Banten dengan masa konsesi selama 40 tahun.

Hal 8. KOMODITAS HUTAN: Bisnis Hasil Hutan Jabar Lesu
Pemerintah Jawa Barat mengakui sudah dua tahun terakhir tidak menggenjot sektor kayu perdagangan dan aneka usaha hutan lain.

Hal 9. PROYEK GAMBUT 2017: 400.000 Ha Direstorasi
Proyek restorasi lahan gambut tahun ini akan menyasar lahan seluas 400.000 hektare di tujuh provinsi.

Hal 10. PENCABUTAN SUBSIDI LISTRIK: Hati-hati Salah 'Penggal'
“Jangan sampai ada satu saja rumah tangga yang tidak mampu, dicabut subsidinya.” Kalimat itu disampaikan Presiden Joko Widodo dengan suara yang terdengar agak berat, saat membuka rapat terbatas di Istana pada akhir 2015.

Hal 11. PERMOHONAN RESTRUKTURISASI: Apple Tagih Utang Lewat PKPU
Perusahaan eskportir mobil asal Jepang Apple International Co. Ltd kembali meminta agar pengusaha lokal Adjito Anggani untuk merestruk turisasi utangnya lewat PKPU.

Hal 12. RUU PEMILU 2019: Isu Penting Mulai Mengemuka
Sejumlah isu penting mengenai pembahasan Rancangan Undangundang Pemilihan Umum mulai mengerucut. Selain soal ambang batas parlemen, partai politik menginginkan agar ambang batas pengajuan calon presiden dihapus.

 

More From Makro Ekonomi

  • Tren Cost of Fund Turun

    07:49 WIB

    Tren penurunan yield surat utang global yang terjadi saat ini dinilai menjadi momentum yang tepat untuk merilis surat utang berdenominasi valas. Penurunan yield tersebut akan berdampak pada penurunan biaya dana alias cost of fund emisi global bond.

  • Pendapatan Berulang Jadi Penopang

    07:35 WIB

    Sejumlah emiten properti berupaya menggenjot porsi pendapatan berulang sebagai strategi jangka panjang untuk menjaga stabilitas pendapatan di tengah penjualan yang cenderung fluktuatif.

  • Asing Tak Gubris Polemik Freeport

    07:53 WIB

    Meski terjadi gesekan antara pemerintah dan Freeport McMoran, faktor politik dalam negeri dinilai lebih dominan menjadi sentimen negatif di mata investor asing dalam berinvestasi di pasar modal Tanah Air.

  • DMAS Jual Lahan 28 Hektare

    07:41 WIB

    Pengelola lahan industri di bawah Grup Sinarmas, PT Puradeltas Lestari Tbk., telah menjual 28 hektare lahan pada awal tahun ini sehingga target penjualan yang ditetapkan pada tahun ini kian realistis.

News Feed

  • Rasa dan Estetika Kudapan Sehat

    Sabtu, 25 Februari 2017 - 14:22 WIB

    Beberapa tahun belakangan, semakin banyak kaum urban yang mengalihkan kebiasaan makan mereka ke diet sehat dari bahanbahan nabati organik atau yang lebih ngetren disebut sebagai metode clean eating.

  • Menikmati Fuji dari Kawaguchi

    Sabtu, 25 Februari 2017 - 14:21 WIB

    Gunung Fuji atau Fujiyama merupakan salah satu simbol dan ikon Jepang, selain bunga Sakura.

  • Mengukir Waktu dari Jam Tangan Kayu

    Sabtu, 25 Februari 2017 - 13:34 WIB

    Aplikasi kayu-kayuan kini tak lagi terbatas pada furnitur rumah tangga. Di tangan orang-orang kreatif, material kayu bisa dimodifikasi menjadi jam tangan unik dengan tetap memberikan kesan eksklusif.

  • Napas Romantis Busana Pengantin Retro

    Sabtu, 25 Februari 2017 - 13:27 WIB

    Dari masa ke masa, busana pengantin bergaya internasional terus mengalami evolusi tren, mulai dari potongan yang megar dan penuh detail rumit ala putri negeri dongeng, hingga siluet press body nan simpel dan minim aksen.

  • Penularan Demam Kuning

    Sabtu, 25 Februari 2017 - 12:50 WIB

    Nyamuk yang terinfeksi dapat menularkan virus dari manusia ke manusiaNyamuk boleh jadi merupakan salah satu musuh utama manusia di bidang kesehatan.

Load More