Navigasi Bisnis Terpercaya

Jum'at 24 Maret 2017
PUSAT LOGISTIK BERIKAT

CKB Ekspansi di 3 Kota

Gloria Fransisca Katharina Lawi Senin, 20/03/2017 08:54 WIB

JAKARTA — PT Cipta Krida Bahari atau CKB Logistics sedang melakukan ekspansi bisnis pusat logistik berikat di beberapa kota seperti Yogyakarta, Surabaya, dan Sorong. Ety Puspitasari, Chief Operation Offi cer (COO) CKB Logistics mengatakan bisnis pusat logistik berikat (PLB) yang dilakukan oleh perusahaannya bertumbuh positif di Jakarta.

Saat ini, CKB Logistics yang merupakan anak usaha APB Investama Tbk memiliki PLB di Cakung Jakarta Utara seluas 10 hektare dengan fokus industri minyak dan gas bumi (migas). Oleh karena itu, dia semakin optimistis untuk berekspansi ke beberapa daerah dengan syarat masih memiliki lahan yang baik.  “Untuk tahun ini kami bersiap  mengoptimalisasi layanan di beberapa kota lain misalnya sudah ada di Somber yaitu di Balikpapan, nanti di Surabaya, dan juga Yogyakarta,” katanya kepada Bisnis, Jumat (19/3).

Dia menilai PLB adalah bisnis yang akan memberi dampak perbaikan sistem kepabeanan dalam kurun waktu paling cepat 10 tahun mendatang. Adapun tolak ukur  kesuksesan PLB bisa dilihat dari penghargaan WCO Certifi cate of Merit 2017 yang diberikan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (DJBC) dan World Custom  Organization (WCO).

Selain CKB Logistics, WCO juga memberikan penghargaan  WCO Certifi cate of Merit kepada dua perusahaan lain yaitu Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan Panarub  Industri untuk jenis operator eksportir. Sebelumnya, CEO PT Cipta Krida Bahari Iman Sjafei menyatakan pihaknya tidak  hanya akan membangun PLB di Balikpapan dan Surabaya, tetapi juga di Sorong, Papua pada tahun ini.

Adapun, perluasan bisnis PLB ke luar Pulau Jawa merupakan wujud komitmen perusa ha annya untuk menjadikan Indonesia sebagai hub logistik Asia Pasifik. Pada Oktober 2016, CKB mem buka PLB di Somber, Balikpapan. Rencananya, CKB Logistics juga akan membuka PLB di Surabaya pada April  2017 selanjutnya di Sorong dengan fokus masih untuk industri migas.

MENCARI PELANGGAN
Adapun, agenda terdekat bagi PT CKB Logistics adalah mencari pelanggan atau pengusaha dalam PLB (PDPLB) untuk bekerja sama mengisi PLB di Somber Balikpapan,
Surabaya, dan juga nantinya yang ada di Sorong. Dia memaparkan pihaknya sudah merencanakan pembu kaan  PLB pada komoditas industri lain. Dia mencontohkan PLB di Karawang, Jawa Barat akan dikhususkan untuk pe nyim panan suku cadang oto mo tif.

“Kita tidak investasi yang besar, karena kami sudah punya strategic partner, karena kami tugasnya manajemen warehouse, gudang, lahan dari partner. Jadi investasi kami untuk semua rencana PLB kami sekitar Rp20 miliar,” jelasnya. Saat ini, kapasitas PLB milik CKB Logistics yang berlokasi di Cakung, Jakarta Utara seluas 6 hektare, sedangkan PLB di
Somber Balikpapan sekitar 6.000 m2. Untuk rencana pembangunan PLB di Sorong juga seluas sekitar 6.000 m2. Untuk membangun PLB di berbagai lokasi di seluruh Indonesia,  dia sangat mempertimbangkan kesiapan infrastruktur di lokasi tersebut.

Bila suatu daerah memiliki infrastruktur yang memadai, Iman menilai pihaknya akan lebih mudah untuk menggarap bisnis PLB. Oleh karena itu, dia mendorong pemerintah untuk gencar menjalankan pembangunan infrastruktur guna mewujudkan konektivitas agar menjadi stimulus bagi kelancaran bisnis  PLB.

More From Makro Ekonomi

  • Berlomba Rilis Produk Anyar

    08:52 WIB

    Industri reksa dana yang bergairah membuat sejumlah manajer investasi percaya diri menerbitkan produk anyar. Sepanjang pekan ini saja, ada tiga produk reksa dana terbuka yang meluncur ke pasar

  • Penawaran Oversubscribe 4 Kali

    08:46 WIB

    Pemerintah Indonesia dikabarkan mendapatkan respons positif dari para investor terhadap rencana penerbitan surat berharga syariah negara (SBSN) global senilai US$3 miliar

  • Kontrak Baru Melaju di Awal Tahun

    08:23 WIB

    Realisasi kontrak baru yang dibukukan oleh sejumlah BUMN konstruksi relatif tinggi pada akhir Februari hingga pertengahan Maret 2017 setelah mendapatkan kontrak proyek yang sempat tertunda sejak 2016.

  • PTBA Incar 5 Perusahaan

    08:10 WIB

    PT Bukit Asam (Persero) Tbk. mengincar tiga hingga lima perusahaan yang berasal dari beberapa sektor untuk dimasukkan dalam program merger dan akuisisi.

News Feed

  • Pengusaha Taksi Segeralah Berinovasi!

    Jum'at, 24 Maret 2017 - 15:07 WIB

    Konflik tansportasi eksisting dengan transportasi berbasis aplikasi hanya bisa diselesaikan dengan perbaikan perusahaan transportasi konvensional.

  • INSA Minta Izin Keagenan Ditinjau Ulang

    Jum'at, 24 Maret 2017 - 15:02 WIB

    Indonesia National Shipowners Association Jakarta Raya mempersoalkan penerbitan izin perusahaan keagenan kapal di Indonesia tanpa perlu memiliki armada angkutan laut.

  • Japek II Selatan Ditawarkan

    Jum'at, 24 Maret 2017 - 14:56 WIB

    Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menawarkan proyek tol JakartaCikampek II Selatan kepada para investor dalam forum bisnis Road Engineering Association of Asia and Australasia.

  • Inpex Diminta Mulai Kaji Kilang LNG

    Jum'at, 24 Maret 2017 - 14:51 WIB

    Pemerintah meminta Inpex Corporation sebagai operator Blok Masela agar segera melakukan kajian lanjutan dalam pembangunan kilang gas alam cair di darat

  • BLK Tidak Optimal

    Jum'at, 24 Maret 2017 - 14:47 WIB

    Balai latihan kerja di seluruh Indonesia memiliki kapasitas latih hingga 276.809 calon tenaga kerja per tahun, namun pemanfaatannya sejauh ini tidak lebih dari 10% karena terkendala persoalan keterbatasan anggaran dana.

Load More