Navigasi Bisnis Terpercaya

Selasa 17 Juli 2018

MINYAK DAN GAS BUMI : Migas Sebagai Penggerak Ekonomi

Pri Agung Rakhmanto, Ketua Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia Kamis, 05/10/2017 02:00 WIB
Zaman telah dan terus berubah. Jika di awal masa pembangunan, khususnya pada periode 1973–1983, lebih dari 60% porsi penerimaan negara rata-rata bersumber dari penerimaan migas, saat ini kurang lebih 85% penerimaan negara bersumber dari pajak.

More From Opini & Analisis

  • HOLDING BUMN MIGAS : Holding BUMN Migas, Perlukah?

    02:00 WIB

    Menarik mengamati dinamika di masyarakat terkait holding BUMN, seperti yang dilakukan oleh Koalisi Masyarakat Sipil Penyelamat BUMN dengan mendaftarkan uji materiil kepada Mahkamah Agung atas Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 2017 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara ke dalam modal saham PT Inalum.

  • KIPRAH BUMN : Peluang Industri Strategis BUMN di Pasar Global

    02:00 WIB

    Meskipun kondisi ekonomi tengah mengalami badai dan ketidakpastian seperti fluktuasi nilai tukar rupiah dan tekanan defisit neraca perdagangan yang melebar, tetapi kinerja dari beberapa BUMN justru menunjukkan adanya perbaikan yang cukup menggembirakan.

  • SURAT PEMBACA : Mencari Solusi Perparkiran di Surabaya

    02:00 WIB

    Sebagaimana layaknya kota besar, mencari lahan parkir di Surabaya sudah semakin sulit. Hal ini merupakan berkah perkembangan sebuah kota.

  • OPINI : Perluasan Penerapan Ganjil Genap

    02:00 WIB

    Solusi terbaik untuk mengantisipasi banyaknya atlet yang terlambat karena macet adalah: pertama, menempatkan penginapan atlet dan official tidak jauh dari venue. Konsekuensinya tidak memusat di satu tempat, tapi tersebar di beberapa tempat yang mendekati vanue. Tidak perlu kita perdebatkan untuk apa membangun Wisma Atlet tersebut karena akan dapat digunakan untuk keperluan lain setelah Asian Games.

Berita Terkini Lainnya:


  • PASAR LCGC : Penjualan Mobil Murah Melambat

    Selasa, 17 Juli 2018 - 02:00 WIB

    Penjualan kendaraan hemat energi dan harga terjangkau (KBH2) dinilai mulai melambat. Sepanjang paruh pertama tahun ini, pengiriman low cost and green car (LCGC) dari pabrikan ke diler menyusut signifikan. Sedikitnya ada empat faktor penekan kinerja di segmen pasar ini.

  • RECALL MOBIL : Honda Lanjutkan Penggantian Kantong Udara

    Selasa, 17 Juli 2018 - 02:00 WIB

    PT Honda Prospect Motor menargetkan dapat mengganti inflator airbag pada beberapa jenis mobil Honda sebanyak-banyaknya. Saat ini, perusahaan telah mengganti komponen itu pada 294.972 unit atau hampir separuh dari total 591.355 unit unit teridentifikasi masalah.

  • MOBIL KECIL SERBAGUNA : Operator Taksi Pilih LMPV

    Selasa, 17 Juli 2018 - 02:00 WIB

    Pilihan operator taksi terhadap mobil kecil serbaguna untuk peremajaan ataupun pengadaan armada baru, telah ikut mendorong penjualan di segmen low multipurpose vehicle ini sepanjang semester pertama 2018.

  • KESEHATAN UNGGAS : Kementan Cari Payung Hukum Vaksin H9N2

    Selasa, 17 Juli 2018 - 02:00 WIB

    JAKARTA— Kementerian Pertanian tengah mencari payung hukum yang tepat untuk mendistribusikan master seed vaksin H9N2 untuk unggas agar bisa diproduksi secara massal oleh industri.

  • KOMODITAS HORTIKULTURA : Hujan Hambat Panen Cabai

    Selasa, 17 Juli 2018 - 02:00 WIB

    MALANG—Curah hujan yang masih relatif tinggi pada beberapa bulan terakhir menyebabkan terlambatnya panen cabai di sejumlah sentra produsen di Jawa Timur sehingga harga di pasaran melonjak.

Load More