Navigasi Bisnis Terpercaya

Selasa 30 Mei 2017

Weekend Art And Culture


  •  INFINITI : Membingkai Cerita yang Terlewa

    INFINITI : Membingkai Cerita yang Terlewa

    Minggu, 28 Mei 2017 - 02:00 WIB

    Ada beragam kisah kemanusiaan yang terlewat dari pandangan. Kisah itu bisa saja muncul di sekitar kita, tetapi terabaikan. Namun, berkat kejelian dan kedalaman rasa seorang fotografer, cerita yang terabaikan tersebut berhasil dibingkai dan membentuk karya visual yang bernilai artistik dan sekaligus sarat dengan pesan bermakna.

  •  MERAYAKAN KEKAYAAN HUTAN INDONESIA LEWAT MUSIK   :  Merayakan Kekayaan Hutan Indonesia Lewat Musik

    MERAYAKAN KEKAYAAN HUTAN INDONESIA LEWAT MUSIK : Merayakan Kekayaan Hutan Indonesia Lewat Musik

    Minggu, 28 Mei 2017 - 02:00 WIB

    Sama halnya dengan bahasa, musik merupakan media komunikasi yang sangat efektif. Lewat musik dan lagu, sebuah refleksi kebudayaan bisa hadir dengan pesan-pesan khusus. \n\n

  • Upaya Mendekatkan Perupa kepada Publik

    Upaya Mendekatkan Perupa kepada Publik

    Sabtu, 27 Mei 2017 - 09:09 WIB

    Petang menjelang. Usai meyelesaikan pekerjaan, Cheppy langsung bergegas meninggalkan kantornya. Karyawan perusahaan swasta itu ingin segera menikmati pameran seni rupa di Atrium Sampoerna Strategic Square, Jakarta, yang terletak satu gedung dengan tempatnya bekerja. Instalasi berbentuk robot karya Seniman Gatot Indrajati yang berjudul Vodoobot (kayu pinus, 68x50x160 cm) menarik perhatian pria berkacamata tersebut.

  • Kritik Berkelas ala GM Sudarta

    Kritik Berkelas ala GM Sudarta

    Sabtu, 20 Mei 2017 - 02:09 WIB

    Bila seorang pengamat mengkritik penindasan melalui tulisan dan argumen yang cukup serius, maka Gerardus Mayela Sudarta atau akrab disapa dengan GM Sudarta, justru membangun kesadaran publik tentang suatu peristiwa dengan cara yang jenaka.

  • Nenek Moyangku Seorang Pelukis

    Nenek Moyangku Seorang Pelukis

    Jum'at, 19 Mei 2017 - 02:09 WIB

    Belum lama ini, delapan seniman melanjutkan kembali kebiasaan nenek moyang untuk membuat gambar cadas. Menggunakan bahan modern, para seniman ini menghadirkan karya gambar cadas yang biasa tergores pada dinding gua praserjah sesuai dengan penafsiran masing-masing. Delapan seniman yang berpartisipasi dalam pameran bertajuk Wimba Kala yang dihelat di Gedung A, Galeri Nasional hingga pertengahan Mei ini membuktikan bahwa bidang arkeologi dan seni rupa dapat berjalan beriringan.

  • Riwayat Gambar Cadas

    Riwayat Gambar Cadas

    Jum'at, 19 Mei 2017 - 02:09 WIB

    Perubahan zaman terbukti tidak kemudian menggerus artefak-artefak yang menjadi penanda kehidupan pada masa lalu. Beberapa peninggalan manusia prasejarah yang masih dapat ditemukan berupa gambar cadas. Gambar cadas adalah gambar yang dibuat oleh manusia prasejarah pada permukaan batu yang keras, yang diwujudkan dalam bentuk lukisan, goresan, maupun cukilan. Gambar cadas yang ditemukan di Tanah Air biasanya berbentuk cap-cap telapak tangan, figus manusia, binatang, perahu dan garis-garis geometris.

  • Cannabis di Tangan Tommy Tanggara

    Cannabis di Tangan Tommy Tanggara

    Sabtu, 13 Mei 2017 - 02:09 WIB

    Di Indonesia, cannabis atau ganja identik dengan barang haram. Namun, di tangan seniman Tommy Tanggara, para pencinta seni mendapatkan sisi positif dari barang yang pernah menjadi simbol kaum hippies yang pernah merajai Amerika Serikat pada era 1960--1970.

  • MERINDUKAN AFFANDI : Merindukan Affandi

    MERINDUKAN AFFANDI : Merindukan Affandi

    Jum'at, 12 Mei 2017 - 02:09 WIB

    Sampai kapanpun, nama seniman besar Affandi tidak akan pernah ketinggalan disebut manakala kita membahas wajah seni rupa Indonesia.

  • ‘Dulu Saya Malu Bikin Wayang Golek’

    ‘Dulu Saya Malu Bikin Wayang Golek’

    Sabtu, 06 Mei 2017 - 02:05 WIB

    Banyak yang tak sadar, ada perajin wayang golek di Kampung Sirnagalih, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat yang pasarnya sudah menembus kawasan Eropa. Pun warga sekitar.

  • PAMERAN LUKISAN: Ki Hajar Dewantara di Atas Kanvas

    PAMERAN LUKISAN: Ki Hajar Dewantara di Atas Kanvas

    Sabtu, 06 Mei 2017 - 02:01 WIB

    Raden Mas Soewardi Soerjaningrat alias Ki Hajar Dewantara berbicara tentang berbagai persoalan pendidikan di Indonesia saat ini. Dengan sabar, dia juga mendengarkan suara para guru dan siswa.

Load More