Navigasi Bisnis Terpercaya

Sabtu 18 Agustus 2018

Weekend Art And Culture


  • KARYA PERUPA JOKO AVIANTO  : Instalasi Bambu Sambut Asian Games 2018

    KARYA PERUPA JOKO AVIANTO : Instalasi Bambu Sambut Asian Games 2018

    Sabtu, 18 Agustus 2018 - 02:00 WIB

    Menyambut gelaran akbar Asian Games 2018, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merias wajah Ibu Kota dengan begitu elok. Tidak terbatas pada perbaikan sarana infrastruktur saja. Masalah estetika perkotaan juga dipikirkan dengan sangat detail.

  • DOKUMENTASI SEJARAH  : Kisah Propaganda Jepang di Indonesia

    DOKUMENTASI SEJARAH : Kisah Propaganda Jepang di Indonesia

    Sabtu, 18 Agustus 2018 - 02:00 WIB

    Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, begitu banyak poster-poster propaganda yang ditempelkan pada dinding-dingin bangunan. Keberadaan poster propaganda tersebut tidak dapat dilepaskan dari tujuan utama dari Jepang untuk menarik hati para pemuda agar bergabung sebagai prajurit.

  • SENI RUPA  : Bernostalgia dengan Seni Lukis Di Atas Daun Ental

    SENI RUPA : Bernostalgia dengan Seni Lukis Di Atas Daun Ental

    Sabtu, 11 Agustus 2018 - 02:00 WIB

    Siapa bilang melukis hanya bisa dilakukan di atas kanvas? Nyatanya, di Bali sejak dulu telah berkembang seni lukis di atas daun. Teknik ini pun kembali diangkat dan dipamerkan dalam acara bertajuk pameran Seni Lukis (O)P(E)RASI di Griya Santrian beberapa waktu lalu.

  • SENI RUPA  : Menimbang Dimensi Wacana Kompetisi

    SENI RUPA : Menimbang Dimensi Wacana Kompetisi

    Sabtu, 11 Agustus 2018 - 02:00 WIB

    Ajang kompetisi seni rupa bisa menjadi salah satu pintu masuk ke ajang pertarungan gagasan dan wacana. Dia juga mengasah wawasan perupa untuk selalu melahirkan kebaruan dalam berkarya dan –apalagi sang pemenangnya—akan niscaya untuk terus meningkatkan kualitas kekaryaan sebagai pertanggungjawaban moral.

  • 100 TAHUN HENDRA GUNAWAN : Satu Kisah dari Kebon Waru

    100 TAHUN HENDRA GUNAWAN : Satu Kisah dari Kebon Waru

    Jum'at, 10 Agustus 2018 - 02:00 WIB

    Indonesia beruntung memiliki maestro seni lukis seperti Hendra Gunawan. Semasa hidupnya, dia berjuang menyuarakan suara rakyat lewat lukisan-lukisannya. Kepeduliannya terhadap bidang kesenian, tak dapat diragukan.

  • NYOMAN NUARTA :  Berkesenian Itu Dekat dengan Tuhan

    NYOMAN NUARTA : Berkesenian Itu Dekat dengan Tuhan

    Sabtu, 04 Agustus 2018 - 02:00 WIB

    Patung Garuda Wisnu Kencana nyaris rampung dan bakal menjadi kado istimewa saat peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke-73 Republik Indonesia, Agustus 2018 mendatang. Sang kreator, seniman Nyoman Nuarta, berharap ikon baru Pulau Bali ini menjadi kebanggaan dan dikembangkan sebagai pusat kebudayaan yang ikut berperan dalam perkembangan peradaban bangsa.\n\n

  • PAMERAN TUNGGAL : Senyum Bahagia si Mice

    PAMERAN TUNGGAL : Senyum Bahagia si Mice

    Jum'at, 03 Agustus 2018 - 02:00 WIB

    Gelak tawa menghiasi pameran kartun bertema Senyum Indonesia di gedung D Galeri Nasional Indonesia yang berlangsung hingga 4 Agustus menjadi saksi keandalan kartunis Muhammad ‘Mice’ Misrad.

  • POSTFEST 2018  : Keprihatinan Seniman Pada Pendidikan Seni

    POSTFEST 2018 : Keprihatinan Seniman Pada Pendidikan Seni

    Jum'at, 03 Agustus 2018 - 02:00 WIB

    Proses pendidikan seni di sekolah menengah kejuruan dapat dikatakan sebagai fondasi penting bagi siapa saja yang memilih berprofesi sebagai seniman untuk pijakan berkarier. Salah satu sekolah menengah kejuruan yang banyak mencetak seniman mumpuni di negeri ini adalah Sekolah Menengah Seni Rupa dan Sekolah Seni Rupa Indonesia. Namun, dalam perkembangannya kini, sekolah tersebut berubah menjadi Sekolah Menengah Kejuruan. \n

  • IBU BUMI : Refleksi Diri Seorang Ugo Untoro

    IBU BUMI : Refleksi Diri Seorang Ugo Untoro

    Jum'at, 27 Juli 2018 - 02:00 WIB

    Sosok ibu tak terbatas pada artian harfiah saja. Ibu juga dapat diartikan sebagai bumi dan alam semesta yang menjadi sumber kehidupan manusia. Melalui medium kertas, seniman kondang Ugo Untoro membawa pesan tentang bumi, ibu, dan kehidupan.

  • SENI BUDAYA  : Menilik Eksistensi Ketoprak

    SENI BUDAYA : Menilik Eksistensi Ketoprak

    Sabtu, 21 Juli 2018 - 02:00 WIB

    Satu ketika di Negeri Purakencana, masyarakat dihebohkan dengan kedatangan segerombolan pemuda yang membuat rusuh kota. Para pemuda itu berasal dari pademangan Banjarmangu yang menjadi salah satu daerah kekuasaan Purakencana. Perbuatan onar dilakukan karena rakyat Banjarmangu merasa tidak diperhatikan oleh petinggi Purakencana, dan dibiarkan hidup dalam kemiskinan. \n

Load More