Navigasi Bisnis Terpercaya

Senin 25 Maret 2019

INDUSTRI SAWIT, Tantangan untuk Presiden Baru

News Editor Rabu, 02/07/2014 05:00 WIB
Sawit mulai ditanam secara komersial di Indonesia pada 1911 atau sudah berusia lebih 1 abad. Semasa prakemerdekaan kebun sawit dimiliki oleh perusahaan Eropa (Inggris dan Belanda), setelah merdeka dinasionalisasi. Industri ini lama terbengkalai karena Indonesia konsentrasi mengurusi politik.
Untuk melanjutkan membaca, silahkan berlangganan dengan menggunakan BisnisID Berlangganan Sekarang Anda juga bisa berlangganan secara korporat dengan jumlah user sesuai kebutuhan dalam satu perusahaan, organisasi/asosiasi atau lembaga pendidikan. Untuk info lebih detail, kontak kami di cs-epaper@bisnis.com

More From Opini & Analisis

  • OPINI : Politik EKonomi Vs Ekologi Indonesia

    02:00 WIB

    Debat Calon Presiden yang kedua pada 17 Februari yang lalu membuat persaingan antara kedua kandidat presiden dan wakil presiden memanas. Tema debat energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup membuka peluang bagi para kandidat untuk mengeksplorasi lebih lanjut kapasitas dan kapabilitas masing-masing.

  • OPINI : Agar MRT Minim Subsidi

    02:00 WIB

    Berdasarkan survei online yang dilakukan oleh PT MRT Jakarta pada Januari sampai Mei pada 2018, 65,5% dari 10.073 responden memiliki keinginan untuk berpindah ke MRT. Namun, hanya 19,6% yang bersedia membayar lebih dari Rp8.500 per perjalanan.

  • SURAT PEMBACA : Informasi Gangguan Layanan dari Provider

    02:00 WIB

    Masih banyak provider dan operator yang tampaknya kurang tanggap terhadap pelayanan prima terhadap pelanggan.

  • TAJUK : Jalan Keluar Proyek Air Bersih Tahan Bencana

    02:00 WIB

    Harian ini menilai bahwa selain berkonsentrasi pada pembangunan infrastruktur SPAM tahan bencana juga harus melakukan pengawasan terhadap para operator. Para pihak perlu mengawasi pelatihan ketrampilan para operator pengawas SPAM dalam memastikan dan menjamin seluruh peralatan pengolah air berjalan baik, sehingga ketika terjadi musibah dapat tetap berfungsi. \n

Berita Terkini Lainnya:


  • KENDARAAN MULTIGUNA : Desain Sporty LMPV Jadi Andalan

    KENDARAAN MULTIGUNA : Desain Sporty LMPV Jadi Andalan

    Senin, 25 Maret 2019 - 02:00 WIB

    Bisnis, JAKARTA — Tren mobil dengan desain sporty dengan fitur modern menjadi era baru kendaraan penupang di Tanah Air khususnya segmen kendaraan multiguna kecil. Pada awal tahun ini, hampir semua merek telah menghadirkan kendaraan multiguna kecil dengan penyegaran tampilan untuk menyasar konsumen muda.

  • KOMPONEN KENDARAAN : TMMIN Genjot True Localization

    KOMPONEN KENDARAAN : TMMIN Genjot True Localization

    Senin, 25 Maret 2019 - 02:00 WIB

    Bisnis, JAKARTA – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) optimistis tingkat komponen murni bisa mencapai 70% pada akhir tahun ini. Adapun perubahan komponen pada era kendaraan listrik dapat menjadi peluang baru untuk menjadi bagian rantai pasok global.

  • EKSPOR HORTIKULTURA : Ketika Salak Bali Menjelajah Kamboja

    EKSPOR HORTIKULTURA : Ketika Salak Bali Menjelajah Kamboja

    Senin, 25 Maret 2019 - 02:00 WIB

    Usaha memang tak mengkhianati hasil. Mungkin inilah yang dirasakan I Wayan Suadnyana. Sebagai petani, ia boleh berbangga hati sebab salak hasil produksinya kini telah melanglang buana ke Kamboja.

  • PEMANFAATAN CADANGAN LISTRIK : Memperkecil Gap Beban Normal & Puncak Pembangkit

    PEMANFAATAN CADANGAN LISTRIK : Memperkecil Gap Beban Normal & Puncak Pembangkit

    Senin, 25 Maret 2019 - 02:00 WIB

    Gap yang cukup lebar antara beban normal dan beban puncak konsumsi listrik menjadi tantangan sendiri oleh PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Makin besar selisih antara beban normal konsumsi listrik pada siang hari dan beban puncak pada malam hari, beban PLN kian besar. Sebaliknya, makin tipis gap antara beban normal dan beban puncak, PLN bisa memanfaatkan kapasitas pembangkit listrik secara optimal.

  • ANGKUTAN DARAT  : Saat Usaha Bus Tertolong Jalan Tol

    ANGKUTAN DARAT : Saat Usaha Bus Tertolong Jalan Tol

    Senin, 25 Maret 2019 - 02:00 WIB

    Awal 2019 dimulai dengan tingginya tiket penerbangan yang berujung pada sepinya penumpang baik di bandara milik PT Angkasa Pura I (Persero)dan PT Angkasa Pura II (Persero). Minimnya jumlah penumpang terus berlanjut menjelang musim puncak (peak season) pada libur Lebaran 2019.

Load More