Navigasi Bisnis Terpercaya

Rabu 25 Januari 2017

Opini Analisis


  • Tuntutan Transparansi atas Perusahaan Multinasional

    Tuntutan Transparansi atas Perusahaan Multinasional

    Senin, 23 Januari 2017 - 09:35 WIB

    Kini kita berada pada era transparansi sektor pajak. Transparansi pajak pada hakikatnya mencakup tiga dimensi (Owens, 2013).

  • Menyoal Ekspor Minerba Mentah

    Menyoal Ekspor Minerba Mentah

    Sabtu, 21 Januari 2017 - 08:20 WIB

    Di tengah penolakan masif terhadap kebijakan relaksasi ekspor Minerba Mentah, Presiden Joko Widodo akhirnya menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 tahun 2017 tentang Kegiatan Usaha Pertambangan.

  • Tarik Ulur Perpanjangan Kontrak Freeport

    Tarik Ulur Perpanjangan Kontrak Freeport

    Senin, 16 Januari 2017 - 07:06 WIB

    Di luar pro-kontra terkait perpanjangan Kontrak Karya-II (KK-II) Freeport-McMoran Copper and Gold Incorporated (Freeport), hal ini sangat menarik untuk diteliti ke depan. Mengapa sangat menarik untuk diteropong? Karena melalui anak perusahaannya, PT. Freeport Indonesia (PT FI), perusahaan sedang gencar-gencarnya berupaya agar Kontrak Karya mulai dibahas sekarang.

  • Air untuk Menciptakan Perdamaian

    Air untuk Menciptakan Perdamaian

    Sabtu, 14 Januari 2017 - 12:17 WIB

    Pergantian kepemimpinan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bermarkas di New York, dimana Antonio Guterres akan mengambil alih tampuk kepemimpinan dari Ban Ki-moon sebagai sekretaris jenderal, terjadi di saat gagasan mengenai perdamaian dan konflik mengalami perubahan yang tidak begitu kentara

  • Tegakkan Budaya Kepatuhan

    Tegakkan Budaya Kepatuhan

    Jum'at, 13 Januari 2017 - 07:45 WIB

    Baru saja kita melihat dan membaca berita terbakarnya kapal penumpang KM Zahro di perairan dekat Muara Angke yang menimbulkan korban jiwa karena terbakar dan hilang/tenggelam lebih dari 20 orang.

  • Relaksasi Mineral & Dilema Pemerintah

    Relaksasi Mineral & Dilema Pemerintah

    Kamis, 12 Januari 2017 - 07:55 WIB

    Pemerintahan Jokowi-JK kembali merelaksasi mineral, sejenis tembaga untuk mengamankan penerimana negara. Sementara mineral jenis lain, seperti nikel, bauksit dan mangan wajib dimurnikan melalui pembangunan smelter. Langkah relaksasi mineral tembaga dilakukan dengan cara merevisi Peraturan Pemerintah (PP) No. 23/2010 tentang Pelaksana Kegiatan Usaha Minerba. Melalui revisi PP terbesut, untuk mendapatkan relaksasi ekspor, kontrak karya wajib berubah menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

  • Wajah Regulasi Bisnis di Indonesia

    Wajah Regulasi Bisnis di Indonesia

    Rabu, 11 Januari 2017 - 08:10 WIB

    Bank Dunia telah merilis Indeks Melakukan Bisnis 2017 (Doing Business Index 2017). Laporan setebal 348 halaman tersebut merupakan laporan tahunan yang berisi kajian tentang regulasi bisnis dari 190 negara di dunia, baik regulasi yang merangsang tumbuh dan berkembangnya bisnis maupun regulasi yang justru menghambat lahirnya bisnis baru.

  • Anomali Rekomendasi JP Morgan

    Anomali Rekomendasi JP Morgan

    Selasa, 10 Januari 2017 - 07:16 WIB

    Riset JP Morgan yang dirilis pada 13 November berjudul Trump Forces Tactical Changes yang menurunkan peringkat surat utang Indonesia sebanyak dua level dari overweight menjadi underweight telah menjadi perbincangan di awal 2017 dan sekaligus membuat pemerintah bereaksi.

  • Mewaspadai Kekeringan Likuiditas

    Mewaspadai Kekeringan Likuiditas

    Senin, 09 Januari 2017 - 06:48 WIB

    Tahun 2016 telah berlalu. Ada sejumlah kegagalan yang patut dijadikan pelajaran berharga. Ada pula sejumlah prestasi yang menumbuhkan kepercayaan diri untuk menatap 2017. Alhasil, tahun ini bisa dipandang sebagai periode pemulihan, tetapi bisa pula menjadi periode yang sarat tantangan.

  • Gelombang Migrasi Berikutnya

    Gelombang Migrasi Berikutnya

    Rabu, 04 Januari 2017 - 07:35 WIB

    Bayangkan diri Anda sebagai petani. Tanaman Anda layu karena cuaca semakin tidak bisa ditebak, air sumur Anda terlalu asin untuk diminum, dan harga beras di pasar terlalu mahal. Semua ini menyebabkan Anda meninggalkan desa untuk mencari penghidupan yang lebih baik.

Load More