Navigasi Bisnis Terpercaya

Sabtu 21 Oktober 2017

Opini Analisis


  • INDUSTRI ASURANSI : Black Swan Industri Perasuransian

    INDUSTRI ASURANSI : Black Swan Industri Perasuransian

    Jum'at, 20 Oktober 2017 - 02:00 WIB

    Pelaku industri perasuransian tersentak. Belum usai kasus pidana yang menjerat dua petinggi PT Asuransi Allianz Life, kini ada kasus pidana lainnya. PT Asuransi Allianz Utama diadukan ke polisi terkait pembayaran klaim. Kedua perusahaan bersaudara ini diduga melanggar UU Nomor 08/1999 tentang perlindungan konsumen.

  • BISNIS STARTUP : Menakar Peluang Inovator Frugal

    BISNIS STARTUP : Menakar Peluang Inovator Frugal

    Rabu, 18 Oktober 2017 - 02:00 WIB

    Meskipun inovasi ini dipopulerkan oleh The Economist sejak tahun 2010, terminologi frugal sesungguhnya telah dikenal oleh negaranegara yang memiliki populasi masyarakat menengah ke bawah yang cukup besar jumlahnya. Seperti halnya di India, inovasi frugal akrab disebut sebagai jugaad dengan Gandhian Engineering-nya dan di China dengan sebutan shanzaai.

  • PROSPEK EKONOMI INDONESIA : Pembalikan Dana

    PROSPEK EKONOMI INDONESIA : Pembalikan Dana

    Selasa, 17 Oktober 2017 - 02:00 WIB

    Tren pemulihan ekonomi global terus terjadi, khususnya di negara-negara maju, seperti Amerika Serikat (AS). Meski begitu, menurut International Monetary Fund (IMF) dan Bank Dunia, pemulihan ini masih bersifat rapuh (fragile) dan tidak terjadi secara merata.

  • TAJUK : Menjaga Sinyal Kebangkitan Tetap Menyala

    TAJUK : Menjaga Sinyal Kebangkitan Tetap Menyala

    Selasa, 17 Oktober 2017 - 02:00 WIB

    Sinyal kebangkitan ekonomi Indonesia makin kuat setelah tren penguatan surplus perdagangan makin solid dan meyakinkan. Apalagi surplus juga ditopang oleh penguatan ekspor maupun impor.

  • EKONOMI KAWASAN : Asean & Asia Selatan Tumbuh Terkoneksi

    EKONOMI KAWASAN : Asean & Asia Selatan Tumbuh Terkoneksi

    Senin, 16 Oktober 2017 - 02:00 WIB

    Dua dasawarsa lalu, Asia masih berada dalam cengkeraman krisis ekonomi regional. Krisis ekonomi Asia pada 1998 membuat nilai pasar saham regional merosot hingga lebih dari 60%. Cadangan pemerintah yang pada awalnya memang sudah tipis akhirnya terkuras habis. Pada Mei 1998, peringkat kedaulatan Indonesia melorot ke CCC+.

  • PASAR RAKYAT : Mengembalikan Kejayaan Pasar Rakyat

    PASAR RAKYAT : Mengembalikan Kejayaan Pasar Rakyat

    Jum'at, 13 Oktober 2017 - 02:00 WIB

    Tidak bisa dipungkiri, sorotan publik menilai Presiden Indonesia yang sekarang tidak lepas dari atribut kerakyatan. Hal ini tercermin dari mulai mencuatnya nama Joko Widodo (Jokowi) saat menjabat menjadi Walikota Surakarta.

  • REGULASI PERBERASAN : HET Beras dan Integrasi Kebijakan

    REGULASI PERBERASAN : HET Beras dan Integrasi Kebijakan

    Kamis, 12 Oktober 2017 - 02:00 WIB

    Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras medium dan premium melalui Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 57/2017 menuai beragam komentar pro maupun kontra.

  • PERIKANAN NASIONAL : Fatamorgana Potensi Perikanan

    PERIKANAN NASIONAL : Fatamorgana Potensi Perikanan

    Rabu, 11 Oktober 2017 - 02:00 WIB

    Kementerian Kelautan dan Perikanan baru-baru ini mengklaim kenaikan potensi sumber daya menjadi 12,5 juta ton pada 2016. Kenaikan ini diduga karena pemerintah secara intensif berhasil menghalau kapal asing yang ingin masuk ke perairan Indonesia, tapi kenaikan ini menimbulkan pro dan kontra.

  • TAJUK : Reformasi Pajak Belum Tuntas

    TAJUK : Reformasi Pajak Belum Tuntas

    Rabu, 11 Oktober 2017 - 02:00 WIB

    Membicarakan persoalan pajak memang seakan tak pernah ada habisnya. Bahkan sampai ada ungkapan hiperbolis bahwa di dunia ini hanya ada dua hal yang tidak dapat dihindari oleh manusia, yaitu kematian dan pajak.

Load More